Teknik Dasar Menunggang Kuda

5 min read

Teknik Dasar Menunggang Berkuda-Berkuda ialah suatu olahraga yang telah eksisi sejak zaman dahulu dan kuda di sini perlu dilatih secara khusus untuk berpacu.

Berpacu artinya bertanding dan bersaing dengan peserta lainnya sehingga kuda perlu untuk dilatih dengan baik agar mampu melaju menuju garis akhir dengan sempurna.

Berkuda juga disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Pada zaman Rasulullah Saw kuda di jadikan untuk tunggangan berperang.

Tapi memang benar, pacuan kuda ini merupakan olahraga yang sangat sering dikaitkan dengan judi dan hal tersebut tidaklah salah.

Nah bagi anda yang suka dengan kuda serta ingin mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan berkuda, baik itu secara pribadi atau ingin menjadi atlit profesional, ada sejumlah teknik menunggang kuda yang perlu anda perhatikan, tapi sebelum kita membaca bagaimana teknik dasar menunggang kuda, kita juga harus tau pengertian berkuda, jenis olahraga berkuda, dan sejarah olahraga berkuda.

Pengertian Berkuda

berkuda
pixalbay.com

Berkuda adalah istilah yang mengacu untuk ketrampilan menunggangi, mengendarai, melompat atau berlari mengunakan kuda.

Penjelasan lebar ini tergolong pada pemakaian kuda untuk destinasi kerja, transportasi, kegiatan rekerasi, pelajaran berseni atau kebiasaan dan olahraga.

Sejarah Olahraga Berkuda

berkuda
pixalbay.com

Bila kita berkata tentang berkuda, maka berarti kita berkata tentang pacu kuda. Balap kuda ternyata juga mempunyai sejarah yang sangat panjang di sekian belahan dunia dan sudah di praktekkan dalam kemajuan di semua dunia sejak zaman kuno.

Catatan-catatan arkeologi sekitar ini mengindikasikan bahwa balapan adalah istilah sah untuk pacu kuda, sudah dipraktekkan di masyarakat Yunani Kuno, Babel, Syiria, dan Mesir.

Walaupun pada tadinya di masyarakat kuno dan primitif, Hewan kuda ini adalah sebagai fauna ternak dan bahkan adalah salah satu makanan untuk manusia purba sejak pada tahun 5.000 tahun yang lalu.

Dalam perkembangan hewan berkaki 4 ini mendapatkan lokasi tersendiri di hati semua bangsawan dan kaum nigrat.

Balapan kereta ialah salah satu olahraga kuno yang sangat populer di masyarakat Yunani dan Romawi.

Penunggang kuda terbaik tidak sedikit berasal dari kedua bangsa tersebut. Hal ini tidak lepas dari kenyataan bahwa kuda jamak di pakai sebagai perangkat transportasi orang maupun barang dalam peperangan.

Prinsip-prinsip dasar berkuda di terapkan oleh bangsa Yunani selama abad 400 SM dan sampai kini masih menjadi pedoman dalam ketentuan berkuda.

Memasuki zaman Renaissance, tidak sedikit bangsawan yang mempelajari dunia seni menunggang kuda di sekolah-sekolah besar menunggang di Eropa, Napoli, dan Italia menjadi lokasi didirikannya sekolah menunggang partama kalinya pada tahun 1532 oleh Fredrico Gisone.

Sementara itu, di masyarakat Inggris menjadi olahraga kesayangan kaum bangsawan dengan embel-embek Sport Of Kings.

Prancis pun menjadi di antara kiblat pertumbuhan olahraga berkuda dengan sekolah menunggang kuda di dirikan oleh Versailles dan Saumur.

Olahraga pola berkuda ialah salah satu olahraga yang sangat tua di dunia. Pola berkuda pertama kali di mainkan kala itu oleh kaum pejuang Nirmadic di daerah Persia (sekarang Iran) pada abad ke 6 sebelum Masehi.

Pada kala itu, kerajaan Turkoman sukses mengalahkan kerajaan Persia dalam pertandingan yang ditonton oleh publik sementara itu. olahraga pola berkuda di populerkan di inggris oleh seorang kapten berkebangsaan Irlandia mempunyai John Watson.

Jenis Olahraga Berkuda

Olahraga berkuda
pixalbay.com

Ternyata olahraga berkuda juga mempunyai jenis. Nah di bawah ini saya akan tuliskan beberapa jenis olahraga berkuda yaitu:

Polo Berkuda

Sejak tahun 525 SM sejumlah negara di Timur Tengah sudah mengenal permainan polo berkuda.

Orang mengira permainan ini berasal dari negara paris. Sejak tahun 1850, polo berkuda sangat di gemari oleh semua pengusaha perkebunan teh di Assamm.

Satuan kavaleri menyerahkan perhatian pada olahraga ini. Olahraga polo berkuda kemudian di luncurkan ke Amerika pada tahun 1883, sekarang Aregentina adalah negara yang tidak jarang kali tampil dan mengalahkan olahraga ini.

Objek dari permainan ini ialah memasukkan bola ke gawang kesebelas musuh dengan memakai kayu, masing-masing tim berdiri dari empat orang pemain di mana setiap pemain dimana setiap pemain harus berada di atas kuda,

Gymkhana Berkuda

Gynkhana adalah permainan berkuda, kebanyakan di laksanakan oleh penunggang remaja dalam kecepatan tinggi penunggang berjuang melewati atau mengitari rintangan (barrel race) atau mengajarkan permainan-permainan lainnya dengan menunggang kuda.

Equestrian (Ketangkasan Berkuda)

Seperti halnya olahraga berkuda lainnya ketangkasan berkuda, olahraga yang melibatkan kedua makhluk. Kuda dan atlitnya (Rider/penunggang) mesti tidak jarang berintraksi supaya terjalin kerjasama dan kasih sayang di antara keduanya, serta terbuat kedisiplinan dan perhatian satu sama lain. Olahraga equestrian terdiri dan disiplin (cabang)

  1. Tunggang Serasi
  2. Lompat Rintangan
  3. Trilomba
  4. Endurance

Teknik Dasar Menunggang Kuda

teknik dasar berkuda
newswantara.com

Teknik ini sangat di perlukan oleh anda yang ingin berlatih menunggang kuda.

Memiliki Instruktur Yang Tepat

Jika anda ingin lebih cepat dalam menguasai cara menunggang kuda, maka pilihlah instruktur yang paling profesional dan paling bisa anda andalkan atau terbiasa.

  1. Pilihlah seorang instruktur berkuda yang memang sudah berpengalaman sekaligus terbukti bisa melakukan. Pastikan juga bahwa anda adalah instruktur yang pandai menjelaskan atau pandai berbicara sehingga anda mampu memberikan pelajaran bagi pemula dengan baik dan mudah dimengerti. Bahkan penting juga untuk memilih seorang pelatih atau instruktur yang tahu banyak tentang kuda, termasuk kepribadian kuda.
  2. Setelah anda memilih instruktur yang menurut anda handal dan terpercaya, pastikan untuk memberitahunya  bahwa anda adalah seorang pemula. Tak masalah juga jika ingin mengatakan kepada instruktur bahwa anda butuh seekor kuda yang terlatih.
  3. Berbicaralah pada instruktur dan mintalah kepadanya untuk menceritakan pengalamannya selama anda menunggang kuda dan cari tahu juga apakah ia mampu berkuda karena mengikuti pelatihan formal atau tidak
  4. Pilih seorang instruktur yang memang dia telah memiliki pengalaman mengajar sehingga anda akan mengalami kemajuan yang cukup terlatih nantinya ketika menunggang kuda.
  5. Setelah itu perhatikan ketika instruktur memberikan contoh dengan menunggangi kuda sehingga anda dapat mempelajari bagaimana cara menunggang kuda dengan baik.

Teknik Menaiki Kuda

Belajarlah terlebih dahulu dari hal-hal yang sederhana, seperti menaiki kuda.

Seorang yang masih awal dan belum punya pengalaman kemungkinan akan ragu dan takut sehingga menyakiti kuda atau kuda tersebut akan bergerak ketika anda ingin menaikinya.

Untuk naik kuda, sebaiknya anda harus selalu memulai dari sisi kiri kuda sebab kekuatan pinjakan kuda itu ada disebelah kaki kanan pada kebanyak orang supaya mampu menghentak untuk naik ke atas.

Sekali loncat terkadang akan langsung bisa naik apabila hentakan sekaligus pegangan tangan sangat kuat.

Jika awal loncattan di bantu oleh instruktur, cobalah untuk berikutnya tak di bantu oleh orang lain. Jika anda sudah duduk di atas pelana sendiri, bersiaplah untuk melanjutkan teknik yang lainnya.

Teknik Berjalan Sendiri

Pada awal proses pembelajaran dan pelatihan, jangan terburu ingin menunggang kuda seperti yang anda lihat di televisi.

Awali dengan jalan biasa terlebih dahulu dan mengendalikan kesetabilan, Untuk memulai menunggang kuda secara biasa, hentakan kedua kaki sedikit ke perut kuda dan kuda akan otomatis bergerak dengan sendirinya.

Pastikan posisi duduk anda sudah penuh di pelana dan merasa nyaman dan jangan lupa anda untuk menjaga keseimbangan.

Keseimbangan dapat terjaga dengan baik ketika anda mengatur pinggang. Pastikan juga injakan kaki adalah pada tahap ringan dan tujuan hanya untuk menjaga keseimbangan dan membantu mengendalikan gerak kuda.

Teknik Lari Biasa

Setelah setabil dan mampu berjalan biasa dengan baik, maka teknik penunggang kuda selanjutnya adalah yang anda pelajari dan anda latih adalah lari biasa.

Untuk hal ini, pastikan untuk kedua kaki anda merapat ke tubuh kuda dan kuda akan mulai berlari di mana kecepatan sangat setandar dan normal.

Tangan yang memegang tali kendali yang pendek bisa mengikuti irama kepala kuda sambil berlari.

Kalian juga harus hati-hati jika seorang joki tak lagi merasa mampu mengendalikan saat posisi duduk sudah mulai loncat mengikuti sepatu kuda, seorang joki harus fokus karena kalau tidak, irama loncat duduknya menjadi kurang teratur dan tak merasa nyaman.

Jika si joki tidak berkonsentrasi, otomatis posisi pantat akan melenceng ke arah kiri dan kanan sebab lompatan duduknya tidak teratur.

Ketika hal itu terjadi, jangan heran kalau akibatnya adalah kaki akan mengalami kram. Latihlah untuk berkosentrasi mengendalikan posisi tubuh sendiri dan jalannya kuda supaya tak mudah melenceng apalagi terjatuh.

Teknik Berlari Cepat

Ketika jalan biasa sudah kalian kuasai dan lari juga bukan lagi masalah bagi anda, maka bersiaplah untuk mencoba lari cepat.

Dalam melatih gerakan ini, kedua kaki perlu di rapatkan secara ketat pada tubuh kuda dan pastikan bahwa kedua paha juga merapat ketat dibawah pelana.

Hanya ada dua ketukan pada suara kaki kuda dan kedua tangan memegang tali kendali dan harus memegang dengan kuat supaya mampu menyesuaikan irama kepala kuda yang maju dan mundur. Jika anda masih pemula usahakan biar si joki yang mengarahkan kuda secara lurus.

Jika anda ingin belajar mendalami, latihlah dengan sedikit berbelok namun harus tepat  menjaga keseimbangan dan kelurusan tubuh.

Ketika kuda berlari dengan cepat, ia akan mampu berbelok secara kuat 60-90 derajat dengan kecepatan 20 km/jam yang pada belokan yang aman.

Tapi anda juga harus hati-hati dengan kecepatan 30 km/jam karena ini dapat memisahkan joki dan kudanya.

Bahkan ada kemungkinan dengan menaikkan kecepatan dan belum seimbang, maka joki pun bisa terjatuh ke depan dan kuda akan otomatis berbelok sendiri tanpa ada si joki.

Tentu hal ini cukup berresiko ketika melatih diri menunggang kuda walau memiliki instruksi yang memimpin dan menjaga.

Jika anda belum menguasai teknik jalan dan lari biasa belum betul-betul dikuasai, lebih baik anda jangan mencoba untuk lari cepat.

Teknik Bersabar

Mempelajari olahraga berkuda bukanlah sesuatu yang enak dan untuk itulah setiap orang yang tertarik belajar berkuda sebaiknya anda mempunyai kesabaran yang tinggi.

Belajar menunggang kuda terkadang bisa cukup lambat sehingga anda akan merasa bosan dengan sendirinya.

Ketika anda merasa di dalam pelatihan anda merasa tidak ada kemajuan. Nah ini lah fase di mana rasa bosan itu akan menghantui anda.

Untuk belajar keseimbangan dan setabil di awal memang sangat berpotensi membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga memang terkadang seperti tidak ada kemajuan sama sekali.

Jika ada kemajuan dikit demi sedikit jangan menyerah atau justru belum ada kemajuan sama sekali. Jika anda ingin cepat untuk bisa, jangan mudah untuk berhenti.

Penutupan

Ya mungkin hanya sedikit informasi tentang teknik menunggang kuda, sejarah,dan jenis berkuda.

Semoga bermanfaat bagi anda, apabila anda ingin bertanya atau berkomentar anda bisa tulis di kolom bawah ini. TERIMA KASIH.

 

 

Komen Lurr