10+Teknik Dasar Bermain Bola Basket

3 min read

Teknik Dasar Bermain Bola Basket-Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang paling pesat pertumbuhannya di Indonesia.

Selain dapat menjadi anjang untuk menambah teman, olahraga ini juga memiliki banyak sakali manfaat dalam kesehatan. Nah di bawah ini adalah manfaat dalam olahraga basket diantaranya:

  • Membangun ketahanan tubuh
  • Menanbah daya imunitas tubuh
  • Membangun keseimbangan dan koordinasi tubuh
  • Meningkatkan ketrampilan motorik
  • Melatih otot tubuh
  • Melatih ketangkasan Tubuh akan menjadi lebih tinggi
  • Membentuk tubuh ideal
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan fungsi otot
  • DLL.

Dengan berbagai manfaat yang terdapat di atas, anda dapat melakukan olahraga basket secara rutin untuk menjaga kesehatan anda.

Nah berikut di bawah ini teknik yang perlu anda ketahui terlebih dahulu agar anda dapat lebih mengetahui bagaimana cara bermainnya.

Teknik Dasar Bermain Bola Basket

bermain bola basket
sholehuddin.com

Salah satu kegiatan olahraga yang bisa di lakukan adalah dengan olahraga bola basket ini.

Nah olahraga bola basket adalah olahraga yang biasanya dalam satu tim terdiri dari 5 orang.

Yang melakukan kerjasama untuk memasukkan bola ke ring basket sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sudah diterapkan di awal pertandingan.

Sebelum bermain bola basket, lebih baiknya jika semua pemain bola basket sudah memahami tentang teknik-teknik dasar bola basket.

Nah berikut merupakan beberapa teknik dasar bermain bola basket yang harus di kuasai oleh pemain-pemain bola basket agar dapat bermain dengan benar.

Nah di bawah ini ada beberapa teknik-teknik dasar bermain bola basket, di antaranya yaitu:

  • Passing & Catching
  • Dribbling
  • Shooting
  • Pivot
  • Rebound
  • Defense

Passing & Catching

bermain bola kasti
sholehuddin.com

Di dalam dunia basket, passing adalah mengoper dan catching adalah menangkap.

Kedua teknik ini harus di kuasai oleh pemain basket untuk dapat memaksimalkan pertandingan basket.

Sehingga passing dan catching ini merupakan satu kesatuan teknik dasar bola basket yang harus di kuasai dua-duanya. Dlam teknik passing terdiri dari beberapa macamnya yaitu:

  • Chest-Pass (operan setinggi dada), merupakan teknik operan yang dilakukan dengan melempar bola lurus ke depan dan setara dengan dada.
  • Bounce-Pass (operan pantulan, merupakan teknik operan yang dilakukan dengan melempar bola ke lantai sehingga bola tersebut dapat memantul.
  • Ovehead-Pass (operan diatas kepala), merupakan teknik operan yang dilakukan dengan memegang bola yang akan dipantulkan diatas kepala, sehingga penerima bola bisa menggapai bola dengan kedua tangan diatas kepala.
  • Baseball-Pass (operan diatas atau belakang kepala), merupakan teknik operan yang bisa di lakukan dengan cara yang sama seperti overhead-pass, namun bisa juga dilakukan dengan melempar bola, dengan posisi bola diatas dan belakang kepala, sehingga bola akan melambung lebih jauh.

Teknik Dasar Dribbling (Menggiring Bola)

teknik bola kasti
sholehuddin.com

Deibbling adalah salah satu cara untuk membawa bola basket menuju ke ring dengan cara memantulkan bola ke lantai secara terus menerus sehingga anda bisa memabwa bola ke ring.

Dribbling ini dilakukan untuk mempermudah para pemain basket untuk mencetak poin dengan memasukkan bola kedalam ring basket.

Kemampuan dribble yang di lakukan oleh pemain basket sangat mempengaruhi dan merupakan sebuah kunci untuk meningkatkan kemampuan permainan dalam menjalankan basket.

Prinsip dasar menggiring bola dalam permainan bola basket yaitu kontrol pada jari-jari, telapak tangan, mempertahankan tubuh yang lemah, melindungi bola, dan melatih kedua tangan agar sama dapat menggiring bola dengan sempurna.

Nah berikut di bawah ini beberapa tips dribbling yang benar yaitu:

  1. Anda harus bisa menggiring bola basket dengan tangan kanan atau tangan kiri, sampai benar-benar dapat menguasainya.
  2. Jangan menundukkan kepala anda pada saat sedang menggiring bola, karena pandangan anda harus selalu mencari posisi yang tepat untuk menghindari sergapan lawan dan jangan sampai anda mengoper ke tim lawan.
  3. Setelah anda menguasai dribbling, anda juga harus belajar untuk melakukan pertahanan, karena kalau anda tidak, bola akan mudah untuk direbut oleh tim lawan. Cara melakukan pertahanan adalah memposisikan tangan kiri sejajar dengan dada, menjulur ke arah tim lawan sehingga lawan tidak bisa merebut bola.

Teknik Dasar Shooting (Menembak Bola)

teknik dasar bermain bola basket
sholehuddin.com

Shooting adalah cara untuk melemparkan atau memasukkan bola basket ke ring basket.

Ketika bola berhasil masuk ke ring basket, maka tim yang berhasil memasukkan bola tersebut akan mendapatkan poin.

Nah ada beberapa tips shooting yang benar di bawah ini yaitu:

  1. Pegang bola dengan kedua tangan agar bola bisa berarah dengan baik
  2. Dalam pegangan, buat sudut 90 derajat antar tangan kiri dan tangan kanan atau sebaliknya.
  3. Setelah itu angkat bola sampai di atas kepala dan arahkan bola ke ring. Posisi kedua kaki mengarah ke ring basket. Buat tekukan sehingga ada gaya pegas otot kaki. Lengan di tekukkan untuk melontarkan bola dan bukan mendorong.
  4. Shooting yang baik adalah dengan satu tangan, dan yang satunya untuk mengarahkan.
  5. Saat melempar bola, tangan harus datang dari kedua kaki dan bukan dari tangan, dan badan juga harus mengikuti gerakan menembak.

Teknik Dasar Pivot (Cara Berputar)

teknik bola basket
sholehuddin.com

Pivot adalah salah satu teknik dasar yang digunakan untuk menghindari dari lawan yang bertujuan untuk merebut bola basket.

Teknik pivot ini dilakukan dengan cara memutarkan badan dengan bertumpu pada kaki dan posisi tangan masih tetap memegang bola dan melindunginya agar tidak direbut oleh tim lawan.

Teknik pivot ini harus dikuasai oleh pemain basket agar dapat mempertahankan bola sampai dimasukkan ke ring dari serangan tim lawan.

Teknik Dasar Rebound

teknik bola basket
sholehuddin.com

Rebaund merupakan cara untuk mendapatkan bola kembali dari permainan basket yang tidak berhasil memasukkan bola basket ke dalam ring.

Nah hal ini dilakukan agar permainan basket tetap berlanjut dan bola bisa dimasukan kembali ke dalam ring dan akan mendapatkan poin.

Teknik ini biasanya dilakukan pemain basket yang berada pada posisi tengah (canter) dan power forward.

Teknik ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Offensive dan Deffensive.

Offensive rebound merupakan teknik untuk mendapatkan bola yang tidak berhasil dimasukkan ke ring oleh teman satu tim.

Sedangkan Deffensive rebound merupakan teknik untuk mendapatkan bola yang tidak berhasil dimasukkan ke ring oleh pemain dari tim lawan.

Teknik Dasar Defense

teknik dasar bermain bola basket
sholehuddin.com

Defense merupakan teknik pertahanan dalam permainan bola basket. Yang dimana dengan adanya teknik defense ini dapat meningkatkan pertahanan tim dari serangan lawan.

Sehingga titik poinya tim bisa memenangkan pertandingan dengan mencetak poin sebanyak-banyaknya.

Nah teknik defense ini terdiri dari 2 jenis di antaranya yaitu:

  1. Man to man sefence, merupakan teknik pertahanan yang mempunyai strategi pertahanan perindividu, Yang dimana masing-masing pemain basket memiliki tangung jawab masing-masing untuk menjaga daerah pertahanan.
  2. Zone defende, merupakan teknik pertahanan yang mengendapkan strategi pertahanan area. Yang dimana pemain hanya menjaga pertahanan tersebut.

<PENUTUPAN>

Nah mungkin dengan anda mengetahui informasi-informasi mengenai olahraga ini dan beberapa teknik dasarnya.

Semoga bermanfaat bagi anda jika anda ingin bertanya atau berkomentar anda bisa langsung tulis di kolom komentar bawah ini.

TERIMA KASIH

 

Komen Lurr