Simpul Tali Temali

1 min read

simpul Tali temali

Simpul Tali Temali – Tali temali sangatlah banyak dipergunakan untuk kegiatan di ke Pramukaan, karena untuk membantu seperti membuat tenda, tandu, bahkan tiang bendera di kepramukaan.

Tapi bagi yang masih mencoba belajar mendalami pramuka, ilmu ini mungkin bisa berguna untuk membuat kalian menuju tujuan kalian.

Mungkin tidak usah berbanyak cincong lagi, yuk kita diskusikan bersama mengenai tali temali ini.

Pengertian Tali Temali

Anak pramuka sejati pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya simpul. Tali Temali adalah salah satu seni menyambung tali dengan menggunakan simpul-simpul sehingga bisa membantu mempermudah pekerjaan kita. Contoh: Membuat tandu, tiang bendera, mempasak tenda, dll.

Kita tau bahwa kegiatan pramuka tidak lepas dari yang namanya menjelajah alam. Dalam kegiatan penjelahan tersebut kita akan dihadapkan dengan alam liar, sehingga keahlian dalam menentukan tempat yang pas untuk berkemah adalah sesuatu yang sangat sulit.

Tidak hanya menentukan tempat berkemah, bahkan untuk mendirikan tenda yang kokoh saja sangat sulit. Oleh karena itu kita membutuhkan simpul tali menali untuk memperkokoh ikatan tali kita.

Macam-Macam Simpul

Simpul ialah suatu hasil atau bentukan ikatan dari satu atau dua utas tali. Beberapa simpul yang sudah familiar di kalangan pramuka ialah simpul hidup, simpul mati, simpul pangkal, simpul laso, simpul jangkar.

Nah untuk itu sholehuddin akan menjelaskan sedikit pengetahuan mengenai macam-macam simpul yang ada di pramuka:

  1. Simpul Hidup, fungsi dari simpul ini adalah untuk mengikat sesuatu dengan kuat, tapi untuk melepasnya tidaklah susah, simpul ini biasanya digunakan untuk mengikat hewan ataupun membuat pengangan untuk mengangkat barang.
  2. Simpul Mati, adalah simpul yang biasanya digunakan untuk mwmpatenkan suatu simpul. Walaupun simpul ini terlihat mudah, namun masih banyak juga yang salah dalam membuatnya. Simpul ini berfungsi untuk memperkuat ikatan simpul (mengakhiri simpul).
  3.  Simpul Pangkal,merupakan salah satu simpul penting yang sering sekali digunakan untuk mengawali atau mengakhiri simpul. Contoh: jika kamu ingin membuat simpul palang maka step pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat simpul pangkal terlebih dahulu pada salah satu tongkat.
  4. Simpul Jangkardalam pembuatan simpul ini tidak begitu sulit (mudah). Ada beberapa cara dalam membuat simpul jangkar ini. Salah satunya adalah bagilah tali menjadi dua, kemudian lingkarkan pada benda yang ingin ditali, setelah itu tariklah kedua badan tali, sehingga semua tali masuk ke dalam.

 

Komen Lurr