Proses Terbentuknya Tanah Padas

58 sec read

tanah padas

Proses Terbentuknya Tanah Padas – Tanah padas merupakan tanah yang berstruktur keras dan padat hingga menyerupai batu. Hingga saat ini masih jarang sumber yang menjelaskan mengenai proses terbentunya tanah tanah padas ini. Namun, secara sekilas, tanah padas ini mepunyai kemiripan dengan tanah kapur.

Pemanfaatan Tanah Padas

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya tanah padas ini merupakan tanah yang mempunyai strukstur keras dan padat.

Hal ini akan mengindikasikan bahwa tanah ini merupakan jenis tanah yang tidak cocok digunakan dalam bidang pertanian. Mengingat arena tanah padas ini juga bukan merupakan suatu jenis tanah yang subur.

Oleh karena itu tanah padas lebih sering sering dimanfaatkan dalam bidang yang lainnya. (baca : ciri tanah subur dan tidak subur)

Salah satu pemanfaatan dari tanah padas ini adalah untuk membuat infrastuktur sebuah banguan.

Tanah padas yang memiliki tekstur keras dan juga kokoh ini akan menjadi pondasi yang kuat dan sangat baik bagi suatu bangunan, terebih bagi bangunan yang besar dan memerlukan pondasi yang kuat.

Kelemahan atau Kekurangan Tanah Padas

Suatu jenis tanah memang ada sisi positif dan sisi negatifnya, begitupun mengenai tanah padas ini. tanah padas mempunyai sisi yang positif dan sisi negatifnya atau kekurangannya.

Mengenai sisi poitif atau kelebihan dari tanah padas ini sudah dijelaskan sebelumnya pada pemanfaatan tanah padas. Sedangakan kekurangan tanah padas atau sisi hegatif dari tanah padas adalah sebagai berikut:

  • Tanah padas bukan merupakan tanah yang subur sehingga tidak cocok untuk ditanami suatu tanaman.
  • Tanah padas sangat peka terhadap erosi sehingga tanahnya mudah terkikis
  • Tanah padas mempunyai sifat sulit menyerap air sehingga tiadk mudah menyimpan cadangan air yang bisa digunakan suatu saat nanti.

Rumah Adat Bali

Sholehuddin
7 min read

Rumah Adat Aceh

Sholehuddin
4 min read

Komen Lurr