Pengalaman Pertama Kali Nyantri di Pesantren

1 min read

Santri– Hi selamat datang di sholehuddin.com mungkin sebagian dari orang yang mendengar kata-kata pondok langsung sakit. Karena pondok identik dengan lingkungan yang kotor dan bikin sakit dan juga hidup tanpa orang tua tetapi mempunyai banyak teman yang berbeda Daerah.

Pertama kali nyantri memang punya banyak teman tapi pertama kali datang ke pesantren itu rasanya seperti tidak punya Siapa-siapa dan cuma bisa nangis dan memikirkan rumah dan orang tua.

Tapi 2 minggu kemudian akan merasakan hal yang baru. Mempunyai banyak teman dan hidup mandiri, Makan seadanya.

Pasti di pesantren ada aja yang namanya ngelanggar bareng contohnya ke warnet, ngerokok, jajan diluar, surat-suratan sama yang putri.

Tapi kalau ada yang ketahuan satu ngelanggar pasti yang lain ketahuan juga dan kena hukuman kadang di gundul,  dan ada yang di keluarkan tapi itu karena melakukan pelanggaran yang berat seperti pacaran atau ngerokok.

Pondok Pesantren

pasberita.com

Pertama kali nyantri saya mengilustrasikan bagaimana suasana hatiku saat menginjak kaki di sebuah tempat yang mana hari itu aku kenal dengan julukan pondok pesantren. Maka tidak heran sebagian orang menamai pondok dengan kalimat penjara suci.

Merasa tidak mempunyai siapa-siapa dan akhirnya memberanikan diri untuk berkenalan dengan yang lain. Dan sehabis itu saya memberanikan diri untuk saling berdiskusi satu sama lain.

Kebanyakan santri menjuluki pondok pesantren dengan nama penjara suci. Lah kok bisa? Ibarat di penjara pada umumnya, biasanya terdapat orang-orang yang telah melakukan pelanggaran atau pun kejahatan.

Nah begitu pun dengan penjara suci, akan tetapi yang membedakannya ialah terdapat orang-orang yang ahli ilmu dunia maupun akhirat, ahli ibadah dan orang-orang sholeh lainnya.

Belajar tentang masalah agama Islam seperti fiqih, akidah dan lainnya, sehingga ini yang membedakan antara penjara umum dengan penjara suci.

Pelanggaran Yang Sering Dilakukan Santri

Bagi Anda yang pernah mondok, pasti nggak asing dengan pelanggaran-pelanggaran. Nah begitu pun saya yang pernah merasakan suasana pondok.

Saya pernah melanggar peraturan pondok dan pelanggaran yang pertama kalinya saya lakukan itu pelanggran keluar tanpa izin itupun saya diajak sama teman awalnya saya menolak tapi akhirnya saya dipaksa dan saya turuti aja untuk mencari sensasi baru.

  1. Keluar tanpa izin
  2. Keluar malam
  3. Berkata kotor
  4. Pacaran
  5. Surat-suratan
  6. Tidak solat di masjid

Bagaimana pendapat bosque tentang artikel pertama saya mengenai pengelaman pertama jadi santri? Yah begitulah cerita saya kali ini. Jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ya.

Sampai sini dulu ya, sampai jumpa dan terimakasih.

2 Replies to “Pengalaman Pertama Kali Nyantri di Pesantren”

Komen Lurr