Pengalaman Memancing Ikan Di Sungai

3 min read

Hi kawan-kawan selamat datang di sholehuddin.com, kali ini saya akan bercerita sedikit pengalaman memancing.

Pengalaman pertama saya memancing ikan di sungai, di daerah Solo. Pada waktu itu saya memancing di ajak oleh teman saya yang hobinya memancing.

Memancing harus membutuhkan kesabaran yang besar, dan memancing adalah sebuah hobi seseorang yang dia itu, terkadang orangnya sabar.

Terkadang orang yang tidak mempunyai kesabaran dalam memancing, pasti umpan nya sering di pindah-pindah.

Pengalaman pertama saya memancing sejak SD kelas 3. Dulu awal saya diajak memancing ikan, saya tidak bisa apa-apa, akhirnya teman saya memberi tahu cara mengunakan pancing.

Tapi lama-kelamaan akhirnya bisa juga, tapi harus membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Pertama Kali Memancing Ikan Di Sungai

yakalee.com

Ada teman saya yang bernama Udin memberi saran untuk memancing di sungai dekat rumahnya, katanya tempatnya bagus, airnya jernih, ikannya banyak dan besar-besar.

Pertama saya tidak percaya apa yang dikatakan olehnya, tapi setelah bercerita panjang lebar, akhirnya aku merasa percaya tentang ajakan si Udin.

Akhirnya pada hari minggu kami satu persatu berdatangan kerumah Udin untuk melengkapi persiapan, satu persatu teman kami datang , mulai dari saya sebagai penggerak, Udin sebagai tuan rumah, dan 4 anggota kami yaitu Sholeh, Muha, Farazy dan Mamad.

Sebelum berangkat tidak lupa kami berdoa bersama, meminta keselamatan pada yang maha kuasa agar selamat sampai tempat tujuan kami, setelah kami berdoa, dan langsung membawa peralatan yang tidak terlalu canggih.

Kami berangkat  menaiki sepeda. Akhirnya perjalanan pun dimulai, sekitar 1 jam kami dalam perjalanan sampai juga di tempat tujuan, setelah memarkirkan sepeda.

Jalan yang dipenuhi lumpur, menyebrangi rawa rawa,melihat air terjun cantik, melewati jembatan yang sudah hampir runtuh, tidak lelahnya mulut kami berdoa agar selamat melewati jembatan itu.

Setelah 7 menit lamanya jalan kaki akhirnya terlihat sungai yang begitu lebar, jernih dan diagung-agungkan oleh Udin.

Betapa senangnya saya dan kawan-kawan, karena telah sampai tujuan kami. Saat itu juga kami langsung mengeluarkan alat pancing yang kami bawa. Lalu kami sesegera mungkin melemparkan teman kami dulu hehehe, bercanda gans.

Kemudian saya dan kawan-kawan, duduk berjejeran di pinggir sungai. Lalu kami melempar kail pancing masing-masing.

Hasilnya setelah beberapa menit, salah satu dari kami mendapat ikan yang cukup besar. Seketika itu kami sangat senang, karena salah satu dari kami telah mendapatkan ikan yang cukup besar.

Dari pada kesenangan itu, kami juga menyimpan rasa iri kepada teman kami yang mendapatkan ikan. Sehingga kami tidak mau kalah untuk mendapatkan ikan.

Beberapa menit kemudian saya mendapatkan ikan cukup besar, dan kawan-kawan saya menyusul, satu-persatu akhirnya dapat ikan.

Setelah semuanya dapat, saya mengusulkan untuk pulang, dalam perjalanan pulang salah satu teman saya mengusulkan untuk membakar ikan nya. Kami semua menyetujui ajakannya.

Membakar Ikan Hasil Dari Memancing

grid.id

Kami membakar ikan di kebun dekat rumahnya si Udin. Bumbu yang harus kami butuhkan.

1. bumbu kecap
  2. bawang merah
  3. bawang putih
  4. merica
  5. garam
  6. jeruk nipis.

Setelah kami menyiapkan bumbu, lalu kami mengeluarkan bagian dalam ikan, setelah itu kami menusuk ikan nya.

Tak lama kami membakar ikan nya. Setelah jadi kami makan bersama, setelah selesai makan kami semua pulang kerumah sendiri-sendiri.

Sesampainya saya dirumah saya merasa ingin memancing ikan lagi, jadi ketagihan mancing

Ketagihan Memancing Ikan

ulinulin.com

Di hari kedua kawan-kawanku mengajak untuk memancing lagi. Seperti biasa kita sudah membuat janji terlebih dahulu dan menetukan tempat berkumpul agar kita biasa mempersiapkan dan pergi secara bersama-sama.

Setelah berkumpul dan sudah mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan, kita pun berangkat ke salah satu tempat yang tidak jauh dari tempat kemaren ,sangat mudah di jangkau, karena hanya beberapa meter dari tempat itu.

Di sana lebih banyak ikan nya dari pada kemaren dan lebih jernih, tapi sungai nya lebih dalem dan tempatnya lebih memasuki rawa-rawa.

Memancing sekarang kami lakukan dari pagi hingga siang hari karena jika kita pergi memancing sore kita tidak bisa bermain dengan kawan-kawan yang lainnya.

Setelah sampai ditempat, kami langsung mengeluarkan alat pancing, karena sudah tidak sabar ingin merasakan tarikan ikan yang luar biasa dan semoga lebih besar dari kemaren.

Setelah itu kami melemparkan mata kail, tidak lama kemudian mata kail saya disambar oleh ikan, akhirnya saya berjalan menuju ketepian biar menarik ikan nya lebih muda, tapi ikan nya malah lepas.

munkin ini belum hasil saatnya saya memasang umpan kembali dan melemparkannya kembali ke sungai dan berharap mendapatkan ikan yang lebih besar.

Tidak lama kemudian teman saya yang bernama Mamad, mendapat tarikan ikan, lalu teman saya berjalan menuju tepi, kemudian dia menarik kailnya secara perlahan-lahan, akhirnya mendapatkan ikan yang cukup besar.

Karena belum puas akhirnya dia mengambil kailnya dan memasang umpan nya, lalu dia melemparkan kailnya.

kali ini kita menunggu umpan yang kita lempar, karena terlalu lama kami menunggu. Akhirnya kita bersepakat untuk mencari tempat yang lain.

Sebelum itu kami mencari umpan.

Umpan Untuk Memancing Ikan

tokopedia.com

Akhirnya kami semua sebelum pindah tempat, kami mencari umpan ikan terlebih dahulu.

Umpan yang bisa dipakai untuk mencari ikan.

1. Tahu

Cara mengunakan umpan mengunakan tahu, potong tahu kecil-kecil kemudian taruh di kailnya.

2. Lumut Basah

Cara mengunakan umpan dari lumut. Jika mengunakan lumut harus pilih lumut yang halus dengan warna hijau gelap.

3. Kroto

Kroto adalah umpan yang sangat jitu. Kroto juga bisa digunakan untuk memancing ikan wader.

4. Cacing Tanah

Cara mengunakan umpan cacing tanah, di potong terlebih dahulu, lalu taruh di kailnya. Terkadang orang-orang memancing di sungai mengunakan cacing.

karena apa? Karena cacing paling mudah ditemukan, terkadang cacing bisa didapat di tempat yang lembab atau basah.

Tapi kami semua lebih suka memakai umpan cacing, karena cacing sangat mudah dicari dan banyak sekali di pinggir sungai.

Akhirnya sudah dapat umpan cacing yang cukup banyak, lalu kami pergi memancing, sesampainya disana kami langsung memasang umpan.

Tak lama kemudian saya mendapat tarikan dari ikan, lalu saya tarik perlahan-lahan ke tepian, akhirnya kali ini ikan yang saya dapat lebih besar dari pada yang kemaren.

Akhirnya kawan-kawan saya mendapatkan ikan yang sama. Setelah itu kami langsung pulang.

Saatnya Pulang Dari Memancing Ikan

pixalbay.com

Hari sudah semakin sore dan hasil tangkapanpun lumayan banyak, sudah tak sabar ingin merasakan makan ikan hasil tangkapan bersama.

Kami semua tidak langsung pulang kerumah masing-masing, tapi kami berkumpul di rumah Udin untuk memasak ikan bersama.

Sebelum itu kami semua sudah merencanakan untuk memasak ikan di rumah Udin.

Apa pendapat anda tentang artikel ini?  Ya mungkin sampai di sini dulu, kalau ada pertanyaan tulis di kolom komentar, di bawah ini.