Macam-Macam Motor Klasik

9 min read

macam-macam motor antik

Macam-Macam Motor Klasik – Meskipun sekarang era nya sudah semakin canggih dan teknologi semakin modern, tetapi masih banyak orang yang menggemari motor bergaya klasik atau retri.

Desain yang klasik dan tidak lekang oleh zaman menjadi salah satu sebab memilih motor bergaya klasik tersebut. Umumnya peminat motor retro adalah orang yang sudah dewasa yang ingin bernostalgia memakai sepeda motor yang desainnya klasik seperti motor jaman dulu.

Jadi, tidak heranlah kalau banderol harga motor yang satu ini terkenal sangat mahal. Meskipun mahal tapi bukan suatu masalah berarti bagi mereka yang memanglah hobi atau mungkin kolektor motor-motor klasik dengan tampilan yang futuristik.

Di negeri ini motor klasik memang masih banyak diburu oleh sebagian kecil masyarakat yang telah tergabung dalam komunitas motor antik dan klasik

Macam-Macam Motor Klasik

macam macam motor
sholehuddin.com

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki motor klasik, berikut ini ada beberapa rekomendasi deretan motor tua paling laris dan masih terkenal saat ini, antara lain:

Honda C70 / Honda Pitung

macam macam motor
sholehuddin.com

Model motor Honda lainnya yang masih menjadi primadona sampai saat ini, adalah HONDA C70. Masyarakat Jawa pun memberikan julukan tersendiri untuk motor antik ini, yaitu ‘Pitung’. Dalam bahasa Jawa memiliki kepanjangan ‘Pitung Puluh’, yang berarti ‘Tujuh Puluh’.

Motor Honda C70 menggunakan mesin bersilinder 71,8cc bertipe mesin OHC, 4 tak berpendingin udara. Dari mesin ini motor antik Honda C70 bisa menghasilkan tenaga sebesar 6 Hp di 9.000 rpm dengan torsi puncak 0,53 kg.m pada 7.000 rpm.

Honda C70 ini sering disebut juga dengan Honda Pitung, yang mana merupakan salah satu kendaraan roda dua klasik besutan dari Honda.

Motor yang satu ini diproduksi pada tahun 70an dan saat ini banyak orang yang mencarinya karena termasuk ke dalam deretan motor tua.

Tampilan motor yang unik ini membuatnya menjadi buruan para kolektor motor retro modern. Ia mempunyai mesin berkapasitas 72 cc, yang dapat menghasilkan kecepatan sampai 93 Km/jam.

Honda Rebel CMX500

macam macam motor
sholehuddin.com

Ada motor besutan brand kenamaan Jepang, yakni Honda Rebel CMX500. Motor yang satu ini hadir dengan model motor gede yang kental akan nuansa cruiser dan juga retro.

Dimana motor ini dibekali dengan mesin paralel twin yang berkapasitas 471 cc dan mampu menghasilkan tenaga 47,2 dk pada 8500 rpm serta torsi 45,8 Nm yang mampu diraih pada putaran 5500 rmp.

Selain itu pada bagian velg, motor ini menggunakan velg palang kipas ring 16 dan dibalut dengan ban merk Dunlop berukuran 130/9 pada bagian depan dan 150/80 pada ban bagian belakang.

Dan ngomong-ngomong soal harga, harga motor retro yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni Rp 147 jutaan.

Honda CB 100

macam macam motor
sholehuddin.com

Ada juga Honda CB 100 yang menjadi incaran banyak orang. Apalagi motor yang satu ini sempat muncul pada film layar lebar “Dilan”.

Oleh karena itu, kendaraan roda dua pabrikan Honda tersebut masih menjadi yang paling atas dalam perburuan motor tua di Indonesia.

Honda CB 100 ini telah masuk ke Indonesia sekitar tahun 70-an dan menawarkan desain yang begitu minimalis, simpel dan keren.  Perpaduan warna merah dan hitam tentu menawarkan kekuatan dari motor tersebut.

Sampai saat ini primadona motor antik masih dipegang merek Honda dengan beberapa varian terdahulu. Salah satunya adalah Honda CB. Tidak jarang, banyak builder yang membuat motor antik Honda CB sendiri dari kerangka varian motor lainnya.

Awalnya motor antik Honda CB adalah model Honda CB 100. Memiliki kapasitas mesin 99cc, OHC, transmisi 5 percepatan. Kemudian Honda juga mengeluarkan motor antik Honda CB 175 yang diproduksi sejak tahun 1969 dan mulai hadir di Indonesia pada tahun 1971 hingga tahun 1974.

Untuk urusan mesin, motor antik Honda CB 175 menggunakan mesin 174cc, twin silinder 4-stroke berpendingin udara yang mampu hasilkan 20 horsepower

Kemudian Honda mengeluarkan model CB 200. Dari namanya sendiri sudah jelas bahwa motor ini menggunakan mesin 200cc dengan tipe 2-silinder sejajar, SOHC, berpendingin udara.

Dapur pacu motor antik Honda CB 200 bisa menghasilkan tenaga sebesar 17 tenaga kuda. Menariknya lagi motor antik Honda CB 200 sudah menggunakan rem cakram pada bagian ban depan.

Honda Super Cub C125

macam macam motor
sholehuddin.com

Tidak cuma memproduksi berbagai jenis motor sport Honda, Honda juga memiliki motor retro jenis lain yakni Honda Super Cub. Honda yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi bagi sobat mesin motor yang memang pecinta motor klasik dengan desain retro.

Honda Super Cub ini hadir kembali dengan mengusung mesin berkapasitas 125 cc injeksi SOHC yang masih menggunakan pendingin udara dan kemudian memiliki transmisi 4 percepatan. Dan harga untuk motor ini dibanderol dengan harga Rp 34 jutaan.

Honda CB1100EX

macam macam motor
sholehuddin.com

Masih dari koleksi Honda, yang ketiga ini ada Honda CB1100EX. Motor yang satu ini memang bisa dikatakan versi terbaru dari Honda CB yang dahulu sempat menjadi motor retro paling keren di era-nya.

Melihat pasar motor retro memang cukup apik, akhirnya Honda memutuskan untuk menggarap motor yang satu ini dan tentunya dibekali dengan spesifikasi serta fitur modern yang lebih canggih dibandingkan versi jadulnya.

Honda Astrea Grand

macam macam motor
sholehuddin.com

Motor antik Honda selanjutnya yang pernah mendominasi di zamannya adalah Honda Astrea. Sebenarnya motor antik Honda Astrea memiliki beberapa model, tetapi yang paling mempunyai nilai sejarah tinggi adalah motor antik Honda Astrea Grand. Alasannya adalah karena motor antik ini merupakan motor sejuta umat pada era 90-an.

Sejarahnya motor antik Honda Astrea Grand mulai dirilis pada tahun 1991 menggantikan Astrea Prima. Secara spesifik motor Honda Astrea Grand terkenal kuat, bandel dan irit. Ini diberikan dari mesin 1 silinder SOHC. Daya maksimum yang bisa dicapai sebesar 7,3 dk dengan torsi pucak sebesar 7,5 Nm.

Motor bebek seperti Honda Astrea Grand ini memang terbilang memiliki peran penting dalam menumbuhkan trend bebek retro beberapa tahun belakangan ini.

Astrea Grand ini memiliki dua tipe, yang mana model pertama pada tahun 1991 memiliki buritan yang rata. Sedangkan model yang kedua, pada lampu belakang atas memiliki tambahan lampu yang kecil sehingga menampilkan desain yang lebih keren.

Namun, model yang paling banyak menjadi incaran pecinta motor tua yaitu generasi awal dan motor tersebut mendapatkan julukan Astrea Bulus.

Untuk harga pasarannya sangat bervariasi mulai dari kisaran Rp. 8 jutaan hingga diatasnya dan ini tergantung pula dengan kondisinya.

Honda GL Pro

macam macam motor
sholehuddin.com

Jika berbicara mengenai motor jadul, motor klasik atau motor tua tentu banyak sekali jenis dan model yang bisa Anda pilih. Salah satu motor klasik yang dapat Anda milik yaitu Honda GL Pro. GL pro merupakan sepeda motor besutan Honda yang hadir pada tahun 90-an.

Motor tersebut memiliki tiga generasi pada saat diproduksi, mulai dari White Engine yang hadir pada tahun 1985 – 1991. Kemudian untuk generasi keduanya yaitu Black Engine yang hadir pada tahun 1992 hingga 1994 dan terakhir NeoTech pada tahun 1995 hingga 1999.

Motor tua tersebut juga sama dengan jenis motor tua lainnya. Masih memiliki banyak peminat. Harga jualnya bisa berkisar antara 4 juta hingga 6 jutaan.

Yamaha DT100

macam macam motor
sholehuddin.com

Berikutnya ada juga Yamaha DT 100. Tidak sedikit orang yang mencarinya. Hingga kini masih menjadi primadona pada kalangan pecinta motor klasik.

Sepeda motor genre tril tersebut bertenaga dengan 100cc dan mulai ada sejak tahun 70-an. Kini masih menjadi incaran banyak orang terutama bagi pecinta motor jadul.

Selain itu, motor yang satu ini juga semakin popular dan terkenal setelah muncul pada beberapa film layar lebar Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan motor seperti ini maka Anda dapat menemukan pada beberapa situs jual-beli online dengan kisaran harga sekitar Rp. 15 hingga Rp. 25 juta.

Yamaha Alfa

macam macam motor
sholehuddin.com

Merk Yamaha juga memiliki primadona di kalangan konsumen Indonesia, yaitu Yamaha Alfa. Mulai hadir di Indonesia pada akhir 80-an motor antik ini menjadi primadona di masa itu.

Yamaha Alfa menjadi motor antik pertama yang mencetuskan motor plastik, apa maksudnya? Maksud plastik di sini adalah karena motor antik Yamaha Alfa menggunakan rangka pipa untuk bodinya yang ditutup dengan bodi plastik.

Yamaha Alfa memiliki beberapa varian, di antaranya adalah Motor Alfa I, motor Alfa II, motor Alfa II Z, motor Alfa II R, dan motor Alfa Champ. Pada awal kemunculannya motor ini sudah memikat pasar, karena sudah menggunakan mesin yang cukup besar, 105cc, 2-tak, air scoop.

Yamaha Force 1

macam macam motor
sholehuddin.com

Yamaha Force 1 ini pastinya banyak yang sudah tahu. Terlebih lagi bagi kalangan pecinta motor klasik. Motor besutan dari Yamaha tersebut diperkenalkan pertama kali pada tahun 1992 dan sangat laris pada saat itu.

Namun, pada tahun 2000an motor ini sudah tidak diproduksi lagi, sebab Yamaha menghadirkan kendaraan roda dua terbaru yaitu Yamaha Fiz R. Meskipun demikian, kini masih ada beberapa orang masih mencari motor yang satu ini.

Yamaha RX King

macam macam motor
sholehuddin.com

Yamaha RX King juga termasuk ke dalam deretan kendaraan motor tua. Faktanya hingga saat ini masih laris dan banyak orang yang mencarinya.

Motor tersebut telah ada sejak tahun 90an hingga 2005. Kini sudah tidak diproduksi lagi.

Tetapi, banyak anak-anak muda yang masih mencari motor yang satu ini. Harganya kini sekitar Rp. 5 juta hingga Rp. 10 jutaan.

Yamaha RX 100

macam macam motor
sholehuddin.com

Selanjutnya ada juga Yamaha RX 100 yang menjadi awal mula kelahiran dari RX King. Motor yang satu ini hadir pada tahun 85-an.

Kendaraan jadul ini mampu bertahan 11 tahun semenjak ia hadir ke pasar Indonesia. Kemudian barulah muncul motor baru yaitu Yamaha RX King.

Konon, motor RX 100 ini mampu menghasilkan tenaga yang sangat tangguh pada masanya dan menjadi motor terkenal pada waktu itu.

Untuk jaman sekarang ini, tentu saja motor tersebut tidak hanya menjadi motor klasik saja, melainkan sudah menjadi salah satu motor tua terbaik.

Yamaha SR400

macam macam motor
sholehuddin.com

Motor retro yang selanjutnya adalah Yamaha SR400. Tak mau ketinggalan, Yamaha juga menghadirkan motor dengan mengusung desain retro klasik yang mampu menyihir para pecinta otomotif dunia, khususnya untuk model motor retro yang satu ini.

Motor ini pastinya memiliki tenaga yang gahar karena dibekali dengan mesin 399 cc SOHC serta dua katup single cylinder.

Yamaha SR400 ini juga masuk dalam kategori sepeda motor retro entry level besutan Yamaha. Sedangkan untuk harganya, motor ini dibanderol dengan nominal Rp 90 jutaan.

Motor jenis ini tentunya memiliki banderol yang lebih mahal daripada motor sport Yamaha seperti R25 dan juga R15 yang belakangan ini cukup laris manis dipasaran.

Kawasaki W250

macam macam motor
sholehuddin.com

Nah, untuk motor klasik berikutnya adalah Kawasaki W175, Kawasaki juga menghadirkan motor retro tipe lainnya yakni Kawasaki W250. Motor yang satu ini merupakan identitas baru dari Kawasaki Esterlla 250.

Sama halnya dengan namanya, motor ini tentunya telah dibekali dengan mesin 250 cc injksi berpendingin udara dengan ubahan emblem pada tangki bahan bakarnya. Untuk harganya sendiri, motor retro ini dibanderol dengan harga yang mahal, yakni Rp 72 jutaan.

Kawasaki W175

macam macam motor
sholehuddin.com

Selanjutnya ada motor Kawasaki W175. Motor ini pertama kali duluncurkan di ajang Kawasaki Bike Week 2017 lalu. Motor ini dapat dibilang memiliki tampilan retro ala motor Inggris era 70an yang cukup kental.

Motor yang satu ini kabarnya dibanderol dengan harga yang pastinya sebanding dengan apa yang telah tersemat didalamnya, yakni Rp 30 jutaan.

Kawasaki Binter Merzy

macam macam motor
sholehuddin.com

Motor yang pernah hadir pada tahun 80-an ini memang menjadi motor tua terbaik dan terlaris.

Namun, untuk harga jualnya memang terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan Yamaha RX King atau beberapa motor tua yang lainnya.

Kawasaki Z900RS

macam macam motor
sholehuddin.com

Lagi-lagi Kawasaki telah meluncurkan motor model retro lainnya seperti Kawasaki Z900RS. Motor ini adalah jenis motor miliki kawasaki yang memiliki tampilan sport naked yang tentunya juga khas akan nuansa retro ditambah memiliki garis khas motor legendaris dari Kawasaki yakni Z1 yang diluncurkan pada tahu 1972 silam. Lalu untuk harganya, Kawasaki Z900RS ini dibanderol dengan harga Rp 270 jutaan.

Suzuki Stinger

macam macam motor
sholehuddin.com

Pada akhir tahun 60-an, Suzuki Suzuki mengeluarkan Suzuki Stinger 125 bergaya Scramble. Saat ini motor Suzuki Stinger 125 juga cukup menjadi primadona di kalangan penyuka otomotif sepeda motor. Apalagi desainnya sendiri juga cukup unik, bahkan bagi konsumen Indonesia terbilang aneh. Hal ini karena kick starter berada di sisi kiri, padahal di Indonesia umumnya berada di sisi kanan.

Untuk urusan mesin motor antik Suzuki ini menggunakan mesin bersilinder 124cc dengan tipe mesin paralel twin. Dari dapur pacu ini motor antik Suzuki Stinger 125 bisa menyemburkan tenaga sebesar 15 hp pada 8.500 rpm. Dengan torsi puncak yang bisa dicapai sebesar 1,38 kg-m pada 7.000 rpm.

Motor antik Suzuki Stinger 125 memiliki transmisi 5 percepatan dan bisa menghasilkan kecepatan maksimum 120 km/jam. Tidak heran jika kecepatan sebesar ini, Suzuki Stinger 125 merupakan salah satu motor tercepat di kelasnya di era 70-an.

Untuk daratan Eropa, salah satu merk motor antik yang masih menjadi primadona adalah Norton. Menilik sejarahnya, motor Norton merupakan motor yang kerap digunakan untuk kendaraan perang. Tampilan besar dan kekar sebagai ciri khas motor antik keluaran pabrikan Inggris ini.

Vespa Primavera

macam macam motor
sholehuddin.com

Nah motor yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi kalian pecinta motor untuk jenis motor Vespa. Vaspa Primavera adalah motor besutan Vespa keluaran terbaru yang langsung laris manis dibursa pasar otomotif dunia, khususnya di Indonesia ini.

Hal ini dikarenakan motor ini hampir tidak memiliki perbedaan yang signifikan dari motor vespa versi jadul. Hanya saja untuk transmisinya menggunakan transmisi otomatis. Harga per unitnya dibanderol dengan harga Rp 35 jutaan.

Vespa Sei Giorni 2018 Edisi Spesial

macam macam motor
sholehuddin.com

Vespa ini adalah motor retro klasik besutan Vespa yang diproduksi untuk menghormati Vespa Sport Six Days keluaran tahun 1951.

Lalu Vespa ini juga diproduksi khusus ketika kompetisi “Sei Giorni INternazionale di Varese” yang berlangsung selama 6 hari dan berhasil memenangkan 9 medali emas.

Vespa Sei Gironi ini hanya diproduksi sebanyak 300 unit saja dan menjadi salah satu motor Vespa yang diburu oleh para kolektor motor klasik di seluruh dunia.

Cleveland Cyclewerks

macam macam motor
sholehuddin.com

Dlihat dari tampilannya, motor besutan Cleveland ini memang memiliki nuansa klasik retro yang sangat kental. Produsen motor ini membekalinya dengan mesin berkapasitas 250 cc 4-tak.

Hadir dengan desain retro klasik menjadikan Cleveland Cyclewerks ini kerap dijadikan basis menarik untuk dijadikan motor custom. Harga motor ini dibanderol cukup terjangkau dikelasnya, yakni Rp 50 jutaan.

Cleveland Misfit

macam macam motor
sholehuddin.com

Selanjtunya juga masih dari Cleveland, yakni Cleveland Misfit. Motor retro yang satu ini juga memiliki desain yang hampir sama dengan saudaranya, yakni Cleveland Cyclewerks.

Mesin yang diusungnya juga sama yakni 250 cc 4-tak. Dan lagi-lagi soal harga juga sama-sama dibanderol dengan nominal Rp 50 jutaan saja.

Moto Guzzi V7

macam macam motor
sholehuddin.com

Pabrikan asal Italia ini memang dikenal selalu menghadirkan motor-motor dengan spesifikasi berkualitas dan juga kental akan nuansa klasik, seperti motor yang satu ini yakni Moto Guzzi V7.

Motor bergaya retro yang satu ini kabarnya menginspirasi dari desain motor-motor pada tahun 1921 silam. Dibekali spesifikasi dan fitur modern terkini, maka tak heran jika motor ini dibanderol dengan harga Ro 350 jutaan per unitnya.

Royal Enfield Classic 350 versi Redditch

macam macam motor
sholehuddin.com

Kemudian juga ada Royal Enfield Classic 350 versi Redditch. Motor ini memiliki dia varian yakni varian 350 cc dan juga 500 cc.

Hadir dengan nuansa retro klasik tentunya menjadikan motor ini banyak diminati oleh sebagian masyarakat yang hobi mengoleksi motor klasik.

Dibanderol dengan harga Rp 70 jutaan mungkin bukan masalah berarti bagi mereka yang senang dengan motor yang satu ini.

Benelli Imperialle 400

macam macam motor
sholehuddin.com

Benelli juga turut andil dalam pembuatan motor dengan desain retro klasik terbaik yang diberi nama Benelli Imperialle 400.

Motor ini dibekali dengan mesin single SOHC 375 cc lengkap dengan fuel injection yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 19 hp pada 5500 rpm dengan torsi 28 Nm pada 3500 rpm. Lalu motor ini juga dilengkapi dengan 5-speed gearbox dan telah lulus Euro 4.

Triumph Street Twin

macam macam motor
sholehuddin.com
Dan jajaran motor retro yang terakhir adalah motor besutan produsen kenamaan dunia yakni Triump Street Twin. Motor Triumph yang satu ini memiliki tampilan bodi yang mengingatkan kita pada motor-motor Inggris pada tahun 70-an yang memang kental akan retro klasiknya.
Hadir dengan mesin berkapasitas 900 cc ini memang mampu mengeluarkan tenaga yang gahar dan gahar. Maka tak heran jika banyak yang memburu motor besutan Triumph untuk mengisi garasi rumah mereka.

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Website Sholehuddin.com

Komen Lurr