13+Kerajinan Membuat Bunga Dari Kertas

4 min read

kerajinan

Kerajinan Bunga Dari Kertas-Banyak sekali ide-ide dan cara membuat buket bunga dari kertas, yang bisa kita jadikan sebagai refrensi pembuatannya.

Kerajinan dari kertas tidak akan pernah layu dan mati, karena bunga ini bukan terbuat dari tumbuhan yang membutuhkan air untuk bertahan hidup.

Membuat bunga mawar dari kertas memang bisa di bilang sulit kalau menggunakan teknik-teknik tertentu.

Akan tetapi ketika anda menggunakan teknik berikut, maka membuat beberapa kuntum bunga mawar yang cantik dan indah untuk di pandang tidak lagi sulit.

Begitu sederhannya langkah-langkah membuat bunga mawar hingga dalam hitungan beberapa menit, anda akan dapat membuat banyak kuntum bunga.

Nah di bawah ini adalah bagaimana cara membuat bunga mawar yang cantik dengan menggunakan kertas, mari kita simak bersama:

Cara Membuat Bunga Dari Kertas

kerajinan dari kertas
sholehuddin.com

Kerajinan bunga ini dari kertas bisa saja bukanlah perihal yang baru bagi para pembuat kerajinan.

Tetapi kalau anda berminat untuk membawa dampak kerajinan berwujud bunga mawar dari kertas yang unik, maka kita cobalah untuk memberi tambahan tutorial pembuatan bunga mawar dari kertas.

Jika terhadap kebanyakan pembuatan bunga mawar dari kertas memanfaatkan bahan baku kertas berwarna-warni, maka disini akan di manfaatkan kertas putih polos yang sudah anda warnai dengan cat air. Sedikit sentuhan artistik yang akan membawa dampak hasil selanjutnya terlihat lebih indah dan modern.

Bahan Dan Alat

Nah jika kalian ingin membuat kerajinan bunga mawar dari kertas, maka anda harus menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

Berikut di bawah ini bahan dan alat untuk membuat bunga mawar dari kertas, mari kita simak bersama:

Alat-Alat Yang Akan Digunakan

Berikut di bawah ini alat-alat yang akan di butuhkan untuk membuat bunga mawar dari kertas bekas yaitu:

  • Lem
  • Gunting
  • Tang
  • Pensil
  • Spidol
  • Hot giue gun (alat memanaskan lem tembak)

Bahan-Bahan Yang Akan Diperlukan

Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bunga mawar dari kertas bekas ini yaitu:

  1. Kertas bekas warna merah (atau warna apa saja) ukuran kurang lebih 6 cm x 6 cm. Dapat karton manila
  2. Lem tembak (hot glue) atau lem lain yang merekat kuat pada kertas dan plastik.
  3. Kawat
  4. Sedotan plastik warna hijau

Langkah-Langkah Pembuatan Bunga Mawar Dari Kertas Bekas

Nah berikut adalah langkah-langkah atau cara membuat bunga mawar merah dari kertas bekas yaitu:

  • Siapkan sehelai kertas sampul (kertas bufallo atau sejenisnya) warna merah. Lalu dengan menggunakan pensil, buatlah jalur guntingan seperti sepiral.
  • Gunting garis yang sudah anda buat sehingga potongan kertas benar-benar berbentuk seperti spiral obat nyamuk bakar, gunting tidak harus rapi dan membelok-belok untuk memberikan kesan yang natural lengkungan mahkota mawar.
  • Gulung kertas dari arah luar spiral menuju bagian tengah. Gulungan dibuat rapat dan usahakan agar kertas tidak terlipat (patah) agar bunga mawar menghasilkan akhirnya nanti terlihat lebih bagus.
  • Setelah sampai pada pusat spiral, biarkan gulungan kertas melebar karena pengaruh ketebalan kertas, Rekatkan ujung gulungan yang terbuka ke gulungan di sebelah dalamnya dengan lem, begitu juga bagian dasar bunga (bagian bawah gulungan, agar gulungan kertas menyatu dan membentuk mahkota bunga yang kuat.
  • Berikutnya, setelah lem mengeras dan kering, beri warna merah pada bekas sisi guntingan kertas yang berwarna putih. (Umumnya kertas sampul dibuat dari kertas putih yang diberi lapisan warna sebelah luarnya), Jadinya ketika kertas dipotong, bekas potongan memperlihatkan bagian dalam kertas yang berwarna putih.
  • Siapkan sedotan plastik berwarna hijau dan sepotong kawat. Keduanya akan digunakan untuk membentuk kelopak bunga sekaligus tangkai bunga kertas anda.
  • Buatlah kelopak dengan membelah salah satu ujung sedotan plastik warna hijau. Belah menjadi 5 bagian. Tidak perlu sama persis. Lalu runcingkan semuanya.
  • Sementara itu siapkan juga kawat dengan membentuk bulatan dengan salah satu ujung. Dengan menggunakan tang. Ukuran bulatan besarnya supaya muat untuk dimasukan ke dalam sedotan
  • Masukan kawat ke dalam sedotan plastik. Ujung bulatan kawat ada pada bagian yang sedotan telah diubah
  • Beri lem pada dasar bunga bagian bawah, lalu tempelkan kawat beserta sedotan plastik, tahan sampai lem tadi mengeras dan kering.
  • Lakukan ujung-ujung kelopak yang dibentuk dari belahan sedotan plastik agak terlihat lebih natural
  • Pelintir kawat bersama-sama sedotan plastik ke satu arah seperti orang membuat tali. Lihatlah tangkai, tangkai bunga akan menjadi ramping dan dapat ditekuk-tekuk saat akan dirangkaikan dan dimasukkan ke dalam vas.
  • Nah yang terakhir jadi sudah bunga dari kertas yang mempunyai bentuk mawar merah dengan warna yang indah dan mencolok.

Ide Membuat Bunga Dari Kertas

Nah pada akhirnya saya mencari contoh bunga kertas yang pernah saya lihat di medsos, sangat cantik penampilannya kerajinan tangan yang satu ini.

Di tambah lagi saya sangat menyukainya. Karena bunga kertas dapat mekar dengan indah dan akan tetap terlihat cantik, Tanpa ekstra dalam perawatannya.

Nah di bawah ini kumpulan kerajinan dari kertas yang bisa anda buat sebagai contoh membuat bunga dari kertas, Mari kita simak bersama.

Bunga Dari Kertas Hvs

kerajinan dari kertas
sholehuddin.com

Membuat sebuah buket hanya dengan menggunakan kertas hvs putih. Yang sangat mudah untuk di jadikan sebuah kerajinan untuk anak-anak.

Kita bisa mengajarkan kepada anak, supaya mereka paham dan terbiasa membuat kerajinan tangan sendiri, karena suatu saat nanti pasti mereka akan mendapatkan tugas dari guru untuk membuat kerajinan dari tangan.

Bunga Dari Kertas Origami

keajinan dari kertas
sholehuddin.com

Cara membuat bunga dari kertas origami, yang bisa kita jadikan sebagai bahan pembuatan buket bunga kertas,

Yang sudah cukup populer sejak beberapa tahun yang lalu. Hingga sekarang ini, dengan alasan bagus dan cantik sekali, serta membuat bunga dari kertas origami merupakan sebuah kerajinan yang cukup sederhana untuk di buat.

Bunga Dari Kertas Koran

kerajinan dari kertas
sholehuddin.com

Karya ini hanya menggunakan kertas koran yang kita bisa mengubahnya menjadi. Kerajinan tangan dari kertas koran yang bisa di masukan kedalam vas bunga, meskipun tidak mendapatkan warna, tetapi memiliki ciri khas sendiri dengan tulisan teks pada kelopak bunga yang di buat.

Bunga Dari Kertas Minyak

karajinan dari kertas
sholehuddin.com

Keindahan dalam membuat kerajinan tangan berbentuk bunga dari kertas minyak, mempunyai keindahan lain.

Karena warna yang mengkilap memantulkan cahaya yang datang, membuat bunga yang terbuat dari kertas minyak ini menjadi bunga kertas yang selalu bersih dan terlihat cantik.

Bunga Dari Kertas Flanel

kerajinan dari kertas
sholehuddin.com

Bunga yang dibuat dari kertas flanel dan kain fanel, memiliki karakter bentuk yang lebih halus dan berserat, serta bunga dari kertas flanel yang satu ini di buat secara sederhana.

Dengan menggunakan kelopak bunga yang berwarna putih, serta batang dan daun dengan warna kuning, anda bisa kombinasikan dengan warna-warna yang lainnya.

Bunga Dari Kertas Warna

kerajinan dari bunga
sholehuddin.com

Membuat sebuah bunga dari kertas warna yang cantik, yang bisa dibuat dengan ide kreatif dan unik.

Kita bisa menjadikannya dengan sebuah bunga kertas yang memiliki harga tersendiri di mata orang lain yang melihatnya.

Bunga Dari Kertas Kado

kerajinan dari kertas
aholehuddin.com

Ada banyak karya kerajinan tangan yang sangat unik dan sederhana yang bisa kita buat dari kertas kado, contohnya mengubah kertas kado menjadi bunga.

Karena warna kertas kado memiliki banyak warna yang bermacam-macam, membuat bunga dari kado menjadi tampak lebih cantik dan indah untuk di buat.

Bunga Dari Kertas Hias

kerajinan dari kertas
sholehuddin.com

Bunga kertas yang satu ini terbuat dari kertas hias, sangat cantik dan indah untuk di pandang.

Dalam proses pembuatannya lebih sering terlibat untuk melihat tutorialnya. Sehingga jadilah tangan yang berbentuk bunga mawar ini, terlihat hasil yang mantap dan indah.

Bunga Dari Kertas Tisu

kerajinan dari kertas
sholehuddin.com

Bunga-bunga yang berada dalam vas bunga satu ini, terbuat dari bahan tisu bukan dari kertas krep, karena kertas tisu pada dasarnya dapat dengan mudah kita temui.

Serta mudah untuk dijangkau di sekitar lingkungan rumah, dalam tutorial membuat kerajinan tangan yang satu ini, kita membutuhkan tumpukan kertas tisu yang cukup banyak.

<PENUTUPAN>

Ya mungkin hanya itu yang bisa saya tulis jika anda ingin membuatnya silahkan dan jika anda ingin bertanaya atau berkomentar anda bisa tulis di bawah ini.

Semoga bermanfaat bagi anda

 TERIMAKASIH

 

Komen Lurr