Kerajinan Dari Tali Rafia

6 min read

Kerajinan Tali rAfia
Kerajinan Dari Tali Rafia – Ya ini artikel pertama saya, di artikel saya. Kali ini akan menjelaskan mengenai Kerajinan Dari Tali Rafia. kita semua tahu bahwa tali rafia bisa jadikan bermacam macam produk atau kerajinan tangan yang bagus dan menarik. Nah, untuk lebih mendalam Yuk Simak Penjelasan Berikut : Di artikel ini saya akan membahas sejarah tali rafia, definisi tali rafia, manfaat tali rafia dan setelah itu kita akan masuk ke bagian bagaimana cara kerajinan dari tali rafia.

Sejarah Tali Rafia

tali rafia
tasanyaman.com
Belanda diketahui sempat menjajah negeri ini selama lebih kurang 3,5 abad, warisan yang ditinggalkannya adalah NANGKA BELANDA alias buah Sirsak. Kemudian bangsa Jepang menjajah dengan sangat singkatnya, 3,5 tahun, meninggalkan warisan RUMPUT JEPANG. Para orangtua kami di tanah Banjar (Kalimantan) menyebut tali rafia dengan sebutan RUMPUT JEPANG. Kemudian warisan lainnya adalah SIPUT JEPANG alias Keong. Entahlah kenapa para orangtua kami menyebut Keong ini dengan sebutan Siput Jepang, wallahu a’lam bissawab. Bahkan, bisa dibilang, tali rafia adalah tali yang paling sering kita gunakan untuk mengikat saat ini, dibanding dengan tali plastik atau tali tampar yang terbuat dari serabut kelapa. karena banyak digunakan itulah, tali rafia jelas punya nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu keunggulan tali rafia adalah tali rafia dibuat menggunakan bahan baku terbaik.Dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas dan unggul. hasilnya, sehingga tali menjadi lebih kuat alias tidak cepat putus.

Definisi Tali Rafia

download (5)
tasanyaman.com
Tali Rafia adalah tali yang terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi yang tidak berbentuk benang dan tidak mudah putus. Tali rafia sangat populer karena berbagai macam kegunaannya. Pada umumnya tali rafia banyak berguna untuk mengikat benda ringan, menjahit karung, dan juga sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan seperti tas anyaman, dan lain sebagainya. Tali rafia ini banyak memiliki warna mulai dari putih,merah,kuning ,hijau atau juga hitam dan masih banyak yang lain.ukuran tali rafia juga berbeda ada yang kecil,sedang dan besar sehingga anda bisa membeli sesuai kebutuhan anda. Nah jika Anda membutuhkan tali rafia yang memiliki warna merah, putih, kuning, sampai warna hitam. Kami menyediakan tali rafia berkualitas dan awet di Tali Rafia Berkualitas. Nah, misalnya Anda membutuhkan tanah padas atau tanah urug, bisa Kunjungi Jual Tanah Padas Solo

Kerajinan Dari Tali Rafia

Tali Rafia banyak dimanfaatkan orang orang untuk membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang terbuat dari rafia sangat banyak dan bervariasi, seperti kerajinan bunga dari tali rafia, kemoceng dari tali rafia dan banyak lagi. Simak dibawah ini.

Kerajinan Kemonceng Dari Tali Rafia

kerajinan
tasanyaman.com
Kemoceng merupakan alat pembersih rumah tangga yang sederhana namun berukuran kecil, memiliki fungsi dan manfaat yang luar biasa dalam menciptakan rumah yang indah yaitu menjaganya tetap bersih, membersihkan debu, abu, dll. Dan tahukah kalian bahwa kemoceng dapat dibuat dari berbagai jenis bahan bisa. Seperti bulu, rafia, kain, wol, dll. Tapi kali ini kami membuat kemoceng tali rafia dengan alat dan bahan yang sangat berguna yang dapat kalian ikuti dengan mudah di rumah. Ambil saja sisa gulungan rafia di rumah dan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat kemoceng. Pastikan kalian memiliki alat dan bahan berikut ini.

Alat Dan Bahan Yang Harus Digunakan

  • Tali rafia secukupnya
  • Batang kayu sepanjang 30-40cm
  • Gunting
  • Cutter/Pemotong
  • Sisir Paku (Terbuat dari kayu dan di tancap aku runcing)
  • Jarum/Peniti

Cara Membuat Kemoceng Dari Tali Rafia

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat kemoceng rafia adalah memotong terlebih dahulu tali rafia dengan ukuran 20-30 cm untuk membuat rambut bergaya (tali pendek). Setelah itu regangkan tali sepanjang 2-3 m (tali panjang) sebagai pengikat utama kemoceng.
  2. Tahap kedua dalam membuat kemoceng adalah mengikat kulit kayu sebanyak mungkin, dipotong menjadi bentuk (pendek) yang dibagi menjadi dua panjang yang sama pada untaian utama tali. Jika ada banyak ikatan pada tali utama dan meregang hingga 2-3 m, segera sisir dengan sisir kuku sampai serat atau rambut yang lebih tipis, lebih kecil dan lebih halus terbentuk. Jika tidak memiliki sisir kuku, dapat menggunakan jarum atau pensil untuk memotong dan membentuk rafia menjadi serat halus.
  3. Langkah selanjutnya adalah ketika tali pendek sudah lurus, potong bagian rambut yang berantakan dengan gunting agar memiliki panjang yang sama.
  4. Dan terakhir, setelah semua rambut rafia sudah lurus dan rapi, segera ikat erat membentuk lingkaran pada batang kayu yang telah disiapkan, mulai dari atas hingga bawah (kira-kira 3/4 ukuran batang kayu). Ingat, jangan lupa sisakan ruang (1/4 ukuran tongkat) untuk membuat gagang kemoceng. Kemudian hias kemoceng yang hampir jadi ini dengan membuat gantungan dengan sisa tali rafia.
  5. Kemudian rapikan tali Anda dan itu bisa digunakan untuk membersihkan rumah.

Kerajinan Vas Bunga Dari Tali Rafia

unnamed (2)
tasanyaman.com
Tali rafia bisa dibuat dari berbagai kreasi cantik lainnya. Seperti: vas bunga, bunga, alas piring dan berbagai kreasi lainnya. Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat vas bunga dari tali rafia. Hasilnya cantik tak kalah menarik dengan vas bunga yang terbuat dari keramik, gerabah atau kayu. Bahkan vas bunga yang terbuat dari tali rafia terkesan lebih unik, dan tentunya bahannya sangat murah dan mudah didapat. Ayo coba membuatnya. Saat membuat vas bunga dari tali rafia, kali ini akan memberikan contoh menggunakan teknik menenun. Sebab, menurut saya, tenun akan menghadirkan nilai seni yang klasik. Anyaman menawarkan lebih banyak inovasi dan ide kreatif tanpa batas. Kita bisa mengeksplorasi motif dan kombinasi warna.

Alat Dan Bahan :

  1. Tali rafia (warna bebas)
  2. Kertas duplex
  3. Kertas bufalo (sesuai selera)
  4. Lem castol
  5. Gunting

Cara Membuat Vas Bunga Dari Tali Rafia :

  1. Buat bingkai vas dari kertas dupleks. Bentuknya bisa berupa tabung, balok, atau bentuk lainnya, tergantung selera. Untuk membuat garis besar, pertama-tama buat pola. Halaman yang saya buat sebanyak 5 halaman. Kemudian saya merekatkan satu sisi masing-masing dengan lem Castol.
  2. Cara pengeleman dengan lem Castol sedikit berbeda dengan lem lainnya. Lem castol akan menempel saat kedua sisi yang direkatkan mengering. Jika masih basah akan mudah lepas meski lem sudah kering.
  3. Nah caranya, gunakan lem castol di kedua sisinya agar merekatnya merata dan tidak terlalu kental. Biarkan lem mengering (bagian yang kena lem). Ujilah dengan menyentuhnya. Jika tidak menempel di tangan, berarti lem sudah kering. Kemudian segera letakkan lem di sisinya. Dengan cara ini lem merekat dengan sangat kuat.
  4. Potong kertas bufalo sesuai dengan ukuran halaman kertas. Sekitar 3 cm di atas. Untuk memudahkan menggambar bentuk samping vas pada kertas bufalo. Kemudian potong kertas bufalo mengikuti pola tracing yang sudah dibuat.
  5. Potong menjadi 3 bagian. Bagian inilah yang akan ditempelkan pada bagian samping vas untuk ditenun dengan tali rafia.
  6. Potong kertas sesuai jumlah sisinya. Jika ada 5 sisi maka buat 5 lalu potong masing-masing menjadi 3 bagian
  7. Pasangkan ke bingkai yang dibuat. Letakkan saja lem di lantai.
  8. Kemudian lilitkan tali mengelilingi bingkai yang telah diikat dengan kertas bufalo.
  9. Coba lebarkan tali rafia. Dan ditarik sedikit agar terlihat rapi.
  10. Saat menenun, hal ini bisa menjadi sedikit rumit jika vas ditekuk atau diperbesar di salah satu ujungnya. Jadi Anda harus mengoleskan lem setiap kali Anda memelintir anyaman. Tidak mudah lepas dan bentuknya lebih bersih. Jika vas berbentuk pipa atau balok, akan lebih mudah untuk ditenun.
  11. Jika Anda akan mengisi vas dengan rangkaian bunga, lebih baik memberi pemberat di vas. Bisa menggunakan batu kerikil atau yang lainnya,

Kerajinan Topi Dari Tali Rafia

images (4)
tasanyaman.com
Tali Rafia bisa juga digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan, salah satunya bisa dibuat topi papua. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat topi tersebut. Yuk simak penjelasan berikut

Alat Dan Bahan :

  1. Tali rafia
  2. Busa ati
  3. Bahan / kain goni
  4. Pita motif etnik dengan lebar kurang lebih 5cm
  5. Karet elastis 10 cm

Cara Membuat Topi Dari Tali Rafia :

  1. Potong busa hati dengan ukuran kira-kira. 60 cm x 7,5 cm
  2. Potong goni dengan ukuran kurang lebih 60 cm x 5 cm
  3. Potong dua inci pita etnik
  4. Buatlah rumbai dari rafia dengan cara berikut: Sebarkan kulit pohon sekitar 70 cm sebagai tali utama rumbai. Potong tali rafia sepanjang 35 cm, buat sekitar 60-70 helai (seutas tali rafia bisa bagi 3 agar simpulnya tidak terlalu besar), mengikat simpul. Lakukan ini sampai panjang rumbai sekitar 50 cm
  5. Setelah tassel jadi, susunan pola topinya
  6. Lanjutkan menempelkan. Saya menggunakan lem tembak. Pertama, rekatkan jumbai ke busa hati. Lalu tutupi dengan kain goni. Lalu tutup lagi dengan pita etnik. Tarik beberapa serat goni untuk membuat pinggiran goni kecil.
  7. Pasangkan karet elastis ke belakang agar nyaman dipakai. Ikat karet elastis dengan simpul mati, lalu tempelkan di bagian belakang busa hati. Lipat sedikit, lalu rekatkan. Bisa tambah dengan jahitan tangan agar lebih kuat.

Kerajinan Dompet Dari Tali Rafia

Alat Dan Bahan :

  1. Tali rafia
  2. Gunting
  3. Kertas

Cara Membuat Dompet Dari Tali Rafia :

  1. Gunakan tali teyin atau tali rafia yang banyak terdapat di toko dengan harga Rp. 1.000.-
  2. Potong talinya 8x dengan ukuran sesuai yang akan kita buat, misalnya dompet untuk handphone sekitar 9cm.
  3. Panjang tali yang kita butuhkan adalah 9 x 8 = 72 cm
  4. Bagilah menjadi 3 bagian setiap lembarnya
  5. Jadi kita butuh 33 sekop (petak)
  6. Dan juga membutuhkan 22 buah tali dengan panjang 72 cm.
  7. Setelah membagi dengan 3 kita mendapatkan tali sepanjang 72 cm dengan 66 bagian
  8. Kemudian ambil dua lembar kertas, lipat menjadi dua dan ikat menjadi satu sekop, semuanya 33 sekop.
  9. Hubungkan dua sekop dengan dua kaki tali untuk sekop baru sehingga 33 sekop tersebut terhubung menjadi satu.
  10. Buat sekop demi sekom hingga selebar 9 cm. Setelah itu, tautkan setiap scope di depan scope tersebut sehingga menjadi satu dan membentuk dasar dompet.
  11. Potong sisa tali yang tersisa terlihat rapi.
  12. Dompet ponsel telah selesai

Kerajinan Rumbai Dari Tali Rafia

Alat Dan Bahan :

  1. Tali rafia
  2. Gunting
  3. Peniti / jarum pentul

Cara Membuat Rumbai Dari Tali Rafia :

  1. Potong Tali rafia menjadi ukuran 40-50 cm atau buat banyak sesuai dengan panjang yang diinginkan
  2. Hubungkan potongan potongan tali rafia, ikat dengan tali lain atau dengan karet, bentuknya seperti sapu
  3. Ambil peniti atau jarum pentul dan bagi tali menjadi potongan kecil atau tipis
  4. Bisa juga menggunakan sisir, jadi sisirlah tali rafia seperti rambut
  5. Lakukan ini sampai mendapatkan hasil yang maksimal
  6. Selasai, Rumbai pun dapat digunakan

Kerajinan Alas Piring Dari Tali Rafia

Alat Dan Bahan :

  1. Kertas karton
  2. Gunting
  3. Tali rafia
  4. Lem
  5. Kain perca

Cara Membuat Alas Piring Dari Tali Rafia :

  1. Siapkan karton secukupnya dan tandai dengan titik besar di tengahnya
  2. Oleskan lem ke permukaan karton yang dilingkari
  3. Rekatkan tali menjadi satu lingkaran di atas karton, mulailah dari titik tengah
  4. Isi kotak dengan lingkaran
  5. Saat lem mengering, potong sisa karton mengikuti lingkaran
  6. Buat dekorasi atau hiasan lainnya dari kain perca dan tempelkan ke lingkaran tali rafia
Trimakasih telah mengunjungi website kamu, jika anda ingin membeli tali rafia bisa kunjungi web sholehuddin.com disana menyediakan banyak macam tali rafia berkualitas dan harga di jamin murah.

Kerajinan Dari Rajut

Sholehuddin
4 min read

Kerajinan Dari Quilting

Sholehuddin
7 min read

Kerajinan Dari Plastik

Sholehuddin
6 min read

Komen Lurr