Kerajinan Dari Rajut

4 min read

kerajinan dari rajut

Kerajinan Dari Rajut – Menurut wikipedia merajut (bahasa Inggris: knitting) adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut.

Berbeda dari menenun yang menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegak lurus, merajut hanya menggunakan sehelai benang.

Dalam perkembangan zaman, merajut tidak hanya digunakan untuk metode membuat pakaian saja. Berbagai macam kerajinan tangan seperti tas, dompet, dan sebagainya bisa dibuat dengan cara merajut.

Membuat kerajinan rajut tidak semudah seperti membuat kerajinan tangan yang lain. Kerajinan rajut membutuhkan teknik dan kemampuan tersendiri.

Teknik ini digunakan jika kita ingin membentuk suatu bentuk tertentu dari rajut. Selain teknik dan kemampuan, membuat kerajinan rajut juga dibutuhkan ketekunan. Tanpa ketekunan orang sehebat apapun tidak akan bisa membuat kerajinan rajut.

Inspirasi Dekorasi Dinding Dari Seni Rajut

1.-HIASAN-DINDING-RUANG-TAMU
sholehuddin.com

Baca Juga:

Hiasan Dinding Nuansa Laut

kerajinan rajut
sholehuddin.com

Bukan hanya stiker yang bisa Anda tempel di dinding, rajutan pun bisa. Anda bisa membuat beberapa tempelan berbentuk bintang laut, kerang, terumbu, atau bahkan ubur-ubur.

Setelah selesai, tempelkan bentuk-bentuk tersebut di dinding rumah untuk menciptakan nuansa pantai dan laut.

Dream Catcher Gaya Native Amerika

kerajinan rajut
sholehuddin.com

Siapa yang tidak mengenal hiasan satu ini? Dreamcatcher, atau secara harafiah berarti ‘penangkap mimpi’.

Hiasan ini kini banyak ditemukan di tempat-tempat wisata dengan beragam pilihan warna.

Untuk membuat dream catcher sendiri, Anda perlu menyiapkan ring kayu bulat sebagai rangka dasar merajut bagian tengahnya.

Kemudian buat beberapa bentuk bulu yang menggantung di bawahnya sebagai pemanis.

Gantungan Hexagon

Gantungan bentuk hexagon yang dijahit menjadi satu bisa menjadi pilihan bila Anda menyukai nuansa bohemian. Buat beberapa bentuk hexagon dalam beragam warna, kemudian rajut menjadi satu bentuk besar.

Gantung hasil akhir rajutan pada sebatang kayu, dan tambahkan beberapa tassel sebagai pelengkap.

Motif Quilt

Apa Anda familiar dengan istilah Quilt? Quilt atau quilting adalah seni menjahit dan menyatukan potongan-potongan kain untuk menciptakan motif pada selimut tidur atau taplak.

Selain menggunakan kain, Anda bisa menciptakan motif quilt dengan teknik merajut. Pada dasarnya motif ini terdiri dari beberapa granny-square yang dibuat dalam dua warna dan dijahit menjadi satu.

Motif warna pada granny-square disusun sedemikian rupa hingga membentuk motif yang unik.

Gantungan Pindangan

Lebih menyukai hiasan berbentuk bulat? Selain dreamcatcher, Anda bisa membuat hiasan sederhana dari pindangan.

Mulai proses merajut dari tengah, buat lingkaran yang semakin membesar pada tiap barisnya. Setelah itu masukan hasil rajutan Anda ke dalam pindangan yang sudah disiapkan.

Gunakan campuran berbagai macam warna agar hasilnya nampak lebih menarik.

Vintage Charm

Bila sulit menemukan frame bundar sebagai rangka, Anda bisa membuat gantungan vintage hanya dari benang dan tassel.

Bentuk rajutan Anda menjadi lingkaran, dengan bagian pinggir yang telah dimodifikasi menjadi berombak. Gunakan warna-warna kuat bernuansa vintage agar hasilnya terlihat old-fashioned dan indah.

Motif Zig-Zag

Motif zig-zag cocok untuk Anda yang menyukai gaya minimalis dan elegan. Pilih palet warna monokrom untuk memperkuat kesan sederhana pada gantungan ini.

Kreasikan dengan menambah rumbai di bagian bawah. Meski sederhana, Anda pasti akan jatuh cinta saat melihatnya tergantung di dinding rumah.

Gantungan Geometri

Senang dengan bentuk-bentuk geometri? Gantungan geometri seperti ini bisa menjadi pilihan untuk dipasang di kamar tidur.

Anda bisa menggunakan benang dengan beragam ketebalan, bentuk, dan warna. Sehingga gantungan Anda nampak abstrak namun indah di pandang.

Gorden Rajut

Meski tidak dapat disebut sebagai hiasan dinding, namun gorden memegang peranan penting untuk membuat dinding rumah tampak lebih indah.

Umumnya bahan yang digunakan untuk gorden adalah kain. Tapi tidak ada salahnya mencoba mengganti gorden Anda menjadi gorden rajut.

Selain menambah nuansa unik, Anda bisa menentukan sendiri kombinasi warna apa yang ingin digunakan.

Dasar Membuat Kerajinan Rajut

Ragam-Kreasi-Quilt-Perpaduan-Motif-Modern-Tradisional-2
sholehuddin.com

Sebelum membahas tentang teknik merajut, kita harus memahami dulu dasar-dasar merajut. Pengetahuan dasar ini akan membantu kita saat kita nanti mempelajari teknik teknik merajut.

Jika kita ingin membuat kerajinan rajut, maka kita perlu alat yang bisa digunakan untuk mempermudah kita dalam merajut. Berikut peralatan merajut yang sering digunakan :

Hook/hakken/hakpen/jarum rajut

Jarum rajut digunakan sebagai alat untuk membentuk rajutan dengan cara mengkaitkan sebuah benang sesuai pola. Ada banyak ukuran jarum rajut yang beredar di pasaran. Setiap ukuran yang tertera di jarumnya menandakan lebar dari pengaitnya.

Ukuran pengait yang kita gunakan akan mempengaruhi kerapatan dari hasil rajutan kita. Jika kita ingin membuat rajutan yang agak renggang, kita bisa menggunakan hook/jarum yang memiliki ukuran pengait yang lebih lebar.

Sebaliknya jika kita ingin membuat rajutan yang rapat, maka kita bisa menggunakan hook/jarum dengan pengait yang kecil.

Ukuran pengait pada jarum bisa kalian sesuaikan dengan benang yang kalian pakai. Berikut rekomendasi dari zonakreatif.com untuk penggunaan benang dan ukuran hakpen yang disarankan

  • Nomor 1/0 untuk benang katun ukuran 5
  • Nomor 2/0 “ 3/0 untuk benang katun nomor 10, benang rayon, benang wol 2 ply, benang wol lokal.
  • Nomor 4/0 “ 5/0 untuk benang katun nomor 10 “ 30, benang wol 4 ply, benang softly cotton 4 ply
  • Nomor 5/0 “ 6/0 untuk benang softly cotton 5 “ 6 ply, benang katun nomor 30
  • Nomor 6/0 “ 7/0 untuk benang softly cotton 8 ply
  • Nomor 7/0 “ 8/0 untuk benang wol katun tebal (soft worsted yarn, benang bulky 10-12 ply)

Benang Dari Rajut

Benang merupakan bagian penting dari kerajinan rajut. Karena ini merupakan bahan utama yang mempengrauhi kualitas hasil rajutan kita. Berikut berbagai jenis benang yang bisa kita gunakan untuk membuat kerajinan rajut:

Benang Katun

Benang Katun adalah benang rajut yang terbuat dari serat alami (kapas). Benang ini biasa digunakan oleh pemula atau yang masih baru pertama kali belajar merajut.

Benang katun memiliki sifat dingin, ringan dan memiliki banyak variasi warna. Bisa digunakan untuk membuat berbagai pernik sulam, seperti tas, dompet, taplak meja, dan lainnya.

Benang Mabel

Memiliki tekstur dan terbuat dari bahan yang halus, lembut dan jatuh daripada katun biasa. Warna dari benang mabel juga kelihatan lebih mengkilap jika dibandingkan dengan katun biasa.

Ukuran diameternya sama seperti katun ICT biasa. Benang ini biasa digunakan untuk membuat rajutan seperti taplak, syal, sarung bantal, tempat tisu dan rompi.

Benang Nylon

Benang nylon atau nilon memiliki tekstur yang keras serta mengkilap. Benang ini memiliki tekstur yang keras atau kaku sehingga benang ini sangat pas digunakan untuk membuat tas ataupun dompet. Benang nilon ukuran kecil juga bisa digunakan untuk membuat aksesoris atau pernak-pernik.

Benang Acrylic Atau Woll Sintetis

Benang ini bukan merupakan benang yang dibuat dari serat alami. Namun benang jenis ini memiliki banyak warna yang menarik.

Di Indonesia, benang jenis ini sering juga disebut sebagai benang wol. Padahal benang acrylic berbeda dari benang wol. Benang acrylic ini banyak diminati karena harganya yang terjangkau untuk para pemula yang ingin belajar merajut.

Benang Rayon

Benang rayon merupakan salah satu jenis benang rajut yang terbuat dari bahan semi sintesis. Sifat dari Benang rayon adalah kaku dan tidak mudah kusut.

Benang ini memiliki kesan jatuh dan adem saat dipakai karena memiliki tekstur yang halus dan lembut. Benang rayon cocok jika digunakan untuk membuat rajutan seperti rompi, baju, cardigan, syal, scraf, pashmina dan perlengkapan bayi.

Benang Polyester

Benang polyester merupakan benang yang dibuat dari bahan 100% serat polyester. Sifat benang polyester adalah ringan, mengkilat, kuat, elastis, tidak mudah kusut dan tidak mudah luntur.

Namun benang ini tidak cocok jika digunakan untuk membuat kerajinan rajut fashion karena benang polyester memiliki daya serap rendah sehingga tidak menyerap keringat. Benang ini cocok jika digunakan untuk bahan merajut tas, dompet, taplak, bros dan sebagainya.

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Website Sholehuddin.com

Komen Lurr