Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan Oleh ALLAH SWT

5 min read

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan Oleh ALLAH SWT

Doa Agar Dimudahkan Oleh ALLAH SWT-Manusia hidup di dunia pasti memiliki berbagai urusan yang ingin mereka selesaikan atau capai.

Sebagai orang yang beriman, mereka pasti menyadari betapa lemah dan tak berdayanya dari mereka tanpa ALLAH SWT.

Mereka yang menyadari dan menyandarkan hidup pada Allah pasti akan memohon pertolongan kepadanya bukan kepada hal yang lain. karena Allah lah yang pantas diminta pertolongan dan hanya dia lah sebaik-baik pertolongan.

ALLAH SWT berfirman:

وَإِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَوْلَاكُمْ ۚ نِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ

Artinya: “Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.” (QS. Al Anfal: 40).

Salah satu bentuk komunikasi antara manusia dan Allah adalah melalui doa. Segala keluh kesah, kebingungan, hingga kesulitan dan meminta kemudahan dalam segala urusan dapat ditungakan dalam doa tersebut.

Berdoa juga merupakan tanda bahwa manusia membutuhkan dan mengakui hanya ALLAH SWT lah yang berkuasa atas segala sesuatunya dan hanya Allah lah yang dapat menolong mereka.

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam berdoa. Maksudnya, kata kata yang digunakan dalam berdoa bisa apa saja sesuai dengan maksud dan tujuannya.

Bahkan, mengenai bahasa pun tidak ada aturan yang mengharuskan menggunakan bahasa Arab. Akan tetapi, ada kebiasaan yang sejak lama ada dan diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Untuk kondisi-kondisi tertentu dalam berdoa seolah menjadi hal yang baku dan ditentukan, misal doa sebelum makan atau sesudah makan, doa keluar atau masuk rumah.

Nah di bawah ini ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar segala urusan dapat di permudah. Dianaranya adalah:

Doa Diberi Kemudahan Oleh Allah SWT

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Latinnya:

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul haznaa idza syi’ta sahlaa”

Artinya: 

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”.

Nah diatas ini adalah doa agar diberi kemudahan, sehingga saat membaca doa tersebut semoga kita termasuk ke dalam golongan yang selalu mengamalkan doa ini, baik dalam keadaan sulit maupun saat kita lapang.

Sehingga Allah SWT akan melapangkan semua urusan kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Doa Dimudahkan Rezkinya Oleh ALLAH SWT

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Latinnya:

AL-HAMDU LILLAAHIL LADZII ROZAQONII HAADZA MIN KHOIRI HAULIN MINNII WA LAA QUWWATIN, ALLOOHUMMA BAARIK FIIHI

Artinya:

Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku.

Itulah bacaan doa memohon rizqi. Semoga dengan mengamalkan doa ringan rezeki kita menjadi lancar, bisa cepat kaya, hutang-hutang kita cepat terlunasi. Amiin.

Nah dan jangan lupa bahwa 2,5% dari sezeki yang ALLAH SWT berikan kepada hambanya. adalah hak untuk mereka anak anak yatim dan tidak mampu.

Doa Agar Dimudahkan Urusan Oleh ALLAH SWT

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Latinnya:

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qouli

Artinya:

“Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku.”

Nah jika anda membaca doa ini, maka ALLAH SWT akan melapangkan dada kita, sehingga hati sudah lapang maka ucapan yang kita sampaikan akan dimudahkan.

Urusan yang kita hadapi menjadi lancar, dengan berdoa kepada ALLAH SWT maka masalah yang kita hadapi akan dimudahkan, kita harus yakin bahwa ALLAH SWT tidak akan menyia-nyiakan doa hambanya.

Doa Meminta Pertolongan Kepada ALLAH SWT

رَبِّ أَعِنِّي وَلَا تُعِنْ عَلَيَّ، وَانْصُرْنِي وَلَا تَنْصُرْ عَلَيَّ، وَامْكُرْ لِي وَلَا تَمْكُرْ عَلَيَّ، وَاهْدِنِي وَيَسِّرْ هُدَايَ إِلَيَّ، وَانْصُرْنِي عَلَى مَنْ بَغَى عَلَيَّ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي لَكَ شَاكِرًا، لَكَ ذَاكِرًا، لَكَ رَاهِبًا، لَكَ مِطْوَاعًا إِلَيْكَ، مُخْبِتًا، أَوْ مُنِيبًا، رَبِّ تَقَبَّلْ تَوْبَتِي، وَاغْسِلْ حَوْبَتِي، وَأَجِبْ دَعْوَتِي، وَثَبِّتْ حُجَّتِي، وَاهْدِ قَلْبِي، وَسَدِّدْ لِسَانِي، وَاسْلُلْ سَخِيمَةَ قَلْبِي

Latinnya: 

Robbi a’inni walaa tu’in ‘alayya, wanshurnii walaa tanshur ‘alayya, wamkur lii walaa tamkur ‘alayya, wahdinii wa yassir hudaaya ilayya, wanshurnii ‘alaa man baghoo ‘alayya, allaahummaj’alnii laka syaakiron, laka dzaakiron, laka roohiban, laka muthii’an ilaika, mukhbitan, au muniiban, robbi taqobbal taubatii, waghsil haubatii, wa ajib da’watii, wa tsabbit hujjatii, wahdi qolbii, wa saddid lisanii, waslul sakhiimata qolbii

Artinya:

Wahai Rabbku bantulah aku dan janganlah Engkau bantu untuk memberatkanku, tolonglah aku dan janganlah Engkau menolong untuk memusuhiku, dan lakukanlah tipu daya untuk (menyelamatkan)ku dan janganlah Engkau membuat tipu daya untuk mencelakakanku, tunjukkanlah aku dan mudahkanlah petunjukku itu kepadaku, dan tolonglah aku untuk mengalahkan orang yang berbuat lalim kepadaku. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang bersyukur, berdzikir, takut, dan taat kepada-Mu, dan jadikanlah orang yang tunduk atau bertaubat. Wahai Rabbku, terimalah taubatku, hilangkanlah kegelisahanku/bersihkanlah dosaku, kabulkanlah doaku, teguhkanlah hujjahku, tunjukkanlah hatiku, luruskanlah lisanku, dan cabutlah kedengkian hatiku. (HR. Abu Dawud no. 1510)

Doa Memohon Pertolongan Kepada ALLAH SWT

ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِي

Latinnya:

“Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho’na, robbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanaabih, wa’ fuannaa waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa ‘alal qaumilkaafiriin”.

Artinya:

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

Doa Memohon Rahmat Dari ALLAH SWT

رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Latinnya:

 qaala rabbi innii a’uudzu bika an as-alaka maa laysa lii bihi ‘ilmun wa-illaa taghfir lii watarhamnii akun mina alkhaasiriina

Artinya: 

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi.”

Doa Meminta Petunjuk Dari ALLAH SWT

اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنْ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Latinnya:

IHDINII LIMAKH TULIFA FIIHI MINAL HAQQI BI IDZNIKA INNAKA TAHDII MAN TASYAA U ILA SHIRAATHIM MUSTAQIIMIN.

Artinya:

 “Tunjukilah aku kepada kebenaran-kebenaran dengan izin Engkau, sesungguhnya Engkau menunjukkan siapa yang Engkau kehendaki kepada jalan yang lurus” [HR. Muslim].

Doa Memohon Ampun Kepada ALLAH SWT

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى

Latinnya:

“Allahummagh-firlii khothii-atii, wa jahlii, wa isrofii fii amrii, wa maa anta a’lamu bihi minni. Allahummagh-firlii jiddi wa hazlii, wa khotho-i wa ‘amdii, wa kullu dzalika ‘indii”

Artinya: 

(Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan) HR. Bukhari no. 6398 dan Muslim no. 2719

Doa Meminta Ampun Kepada ALLAH SWT

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ -: أَنَّ رَسُولَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ يَقُولُ فِي سُجُودِهِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ : دِقَّهُ وَجِلَّهُ ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ ، وَعَلاَنِيَتَهُ وَسِرَّهُ )) . رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Latinnya:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ketika sujudnya, “ALLOHUMMAGH-FIR LII DZANBII KULLAHU, DIQQOHU WA JILLAHU, WA AWWALAHU WA AAKHIROHU, WA ‘ALAANIYATAHU WA SIRROHU

Artinya:

Ya Allah ampunilah seluruh dosaku, yang kecilnya dan besarnya, yang pertamanya dan terakhirnya, yang terang-terangannya dan rahasianya).” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 483]

Doa Memohon Kebaikan Kepada ALLAH SWT

أَللّٰهُمَّ أَصْلِحْ لِىْ دِيْنِىَ الَّذِىْ هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ دُنْيَاىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَاشِىْ وَ أَصْلِحْ لِىْ آخِرَتِىَ الَّتِىْ فِيْهَا مَعَادِىْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَهً لِّىْ فِىْ كُلِّ خَيْرٍ وَّ اجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِّىْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Latinnya:

“Allahumma ashlih lii diini al ladzii huwa ‘ishmatu amrii, wa ashlih lii dunyaa al latii fii haa ma’aa syii. Wa ash lih lii aakhiroti al latii fii haa ma’aa dii, waj’alil hayaata dziyaadatal lii fii kulli khair, waj’alil mauta raa hatal lii min kulli syar“.

Artinya: 

“Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan”.

Doa Meminta Kebaikan Kepada ALLAH SWT

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمَ فَتْحَهُ وَنَصْرَهُ وَنُوْرَهُ وَبَرَكَتَهُ وَهُدَاهُ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمَ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَخَيْرَ مَا قَبْلَهُ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ. وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ وَشَرِّ مَا قَبْلَهُ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ

Latinnya: 

“Allâhumma innî as’aluka khaira hâdzal yaum, fathahu, wa nashrahu, wa nûrahu, wa barakatahu, wa hudâhu. Allâhumma innî as’aluka khaira hâdzal yaum wa khaira mâ fîhi wa khaira mâ qablah, wa khaira mâ ba’dah. Wa a‘ûdzubika min syarri hâdzal yaum, wa syarri mâ fîhi wa syarri mâ qablah, wa syarri mâ ba’dah”

Artinya:

 Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan, pembuka (rahmat), pertolongan, cahaya, berkah, dan petunjuk di hari ini. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan hari ini, kebaikan apa yang ada di dalamnya, kebaikan hari sebelumnya, dan kebaikan hari setelahnya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan hari ini, keburukan apa yang ada di dalamnya, keburukan hari sebelumnya, dan keburukan hari sesudahnya.”

Meski doa ini berasal dari hadits yang dha’if, namun tidak mengapa jika diamalkan dalam hal yang bersifat afdhaliyyah atau keutamaan, mengingat isi kandungan di dalamnya yang baik. Selain itu, bukankah para waliyullah dan ulama banyak yang telah mengamalkan doa ini di setiap harinya

Doa Agar Dimudahkan Berbicara Kepada Orang Lain

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Latinnya:

 ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ 

Artinya:

 Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku

Doa Dimudahkan Dalam Menuntut ilmu

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً وَرِزْقًا وَاسِعًا وَاِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ بَعِّدْنَا

Latinnya:

 Alloohumma innii as-aluka ‘ilman naaafi’an wa ‘amalam mutaqobbalaa’ wa rizqona’waasi’an wa ilal khoiri qorribna’a wa ‘anisy syarri ba’idnaa

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rizqi yang lapang, dan dekatkanlah aku ke perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang jelek

Doa Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Latinnya:

RABBI ZIDNII ‘ILMAA

Artinya:

“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” 

Doa Agar Dimudahkan Dalam Sakaratul Maut

اللهم هون علينا سكرات الموت

Latinnya:

“Allahumma hawwin ‘alainaa sakaraatil maut”.

Artinya:

Ya Allah, permudahkan kepada kami Sakaratul Maut

Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Mencari Pekerjaan

اللهم اغفرلي ذنبي ووسع خلقي وطيب كسبي وقنعني بما رزقتني ولا تذهب قلبي إلى شيئ صرفته عني

Latinnya:

 Allahumma ‘irghfir dzanbi wawassi’ khuluqi wa thayyib li kasabi wa qanni’ni bima razaqtani wala tadzhab qalbi ila sya’in sharraftahu ‘anni

Artinya:

Ya Allah ampunilah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, barilah untukku pekerjaan yang baik, jadikan aku puas merasa apapun yang engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah engkau palingkan dariku.

Doa Agar Dimudahkan Dalam Melahirkan

لا إله إلا الله العظيم الحليم ، لا إله إلا الله رب العرش العظيم ، لا إله إلا الله رب السموات ورب الأرض رب العرش الكريم. يا حي يا قيوم ، برحمتك أستغيث

Latinnya:

Lâ ilâha illallâhul ‘azhîmul halîm. Lâ ilâha illallâhu rabbul ‘arsyil ‘azhîm. Lâ ilâha illallâhu rabbus samâwâti wa rabbul ardhi rabbul ‘arsyil karîm. Yâ hayyu, yâ qayyûm, bi rahmatika astaghîts

Artinya:

“Tiada tuhan selain Allah yang maha agung lagi maha santun. Tiada tuhan selain Allah, Tuhan arasy yang megah. Tiada tuhan selain Allah, Tuhan langit, bumi, dan arasy yang mulia. Wahai Tuhan Yang Maha Hidup, lagi Maha Jaga. Hanya kasih-sayang-Mu yang kuharapkan.

<PENUTUPAN>

Nah mungkin hanya itu doa-doa agar dipermudah segala urusan oleh ALLAH SWT. Nah dan jangan lupa untuk mengamalkannya di setiap sehabis sholat atau di waktu-waktu luang anda dan yang terpenting jangan lupa kepada ALLAH SWT. Jika anda ingin bertanya atau berkomentar langsung bisa tulis di bawah ini.

TERIMAKASIH 

One Reply to “Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan Oleh ALLAH SWT”

Komen Lurr