Cara Dropship Tokopedia Untuk Pemula

4 min read

Dropship Tokopedia

Cara Dropship Tokopedia Untuk Pemula- Nah di sini saya akan menulis artikel tentang cara dropship di Tokopedia untuk Anda yang baru pemula. Dan sesuai dengan banyak pengguna internet, bisnis online juga tersedia di masyarakat.

Nah Daripada berjualan di toko konvensional yang membutuhkan anggaran besar untuk operasional, bisnis online ini sangat besar masyarakat karena model minimal dan cocok untuk pemula dan cocok untuk pemula yang baru mulai bisnis.

Nah selain dibuka secara online, alternatif lain adalah bergabung dengan marketplace. Ya salah satunya tokopedia.

Marketplace terpercaya di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2009. Diperlukan, berjualan, mudah, mudah dilakukan dropship di Tokopedia yang memungkinkan Anda dapat berbisnis tanpa mengeluarkan modal.

Nah sebelum Anda mulai tentang cara Dropship untuk pemula. Saya akan membahas apa itu Dropship dan apa bedanya Dropship dengan Reseller. Oke langsung saja kita masuk ke pembahasan yang pertama.

Apa Itu Dropship?

Dropship adalah sistem yang mulai banyak bermunculan dan bermunculan dan berkembang dengan maraknya penjualan barang melalui internet.

Nah dengan sistem dropship, banyak pihak yang terbantu, pemasok baik itu, pembeli dan pihak yang melakukan Dropship itu sendiri yang disebut sebagai Dropshipper.

Dropshipper ini sendiri tidak menyimpan setok barang, jadi jika seroang Dropshipper mendapatkan orderan, ia akan langsung memulai orderan dan detail pengeriman barangnya ke pemasok / pemasok yang menjual barang tersebut.

Nah setelah kita memahami apa itu Dropship, selanjutnya adalah perbedaan antara Dropship dengan Reseller.

Apa Perbedaan Dropship Dengan Reseller?

Nah sebetulnya hanya satu yang membedakan antara Dropship dengan Reseller. Pada sistem Dropship, Dropshipper tidak melakukan stok barang.

Pengecer ini sendiri harus memiliki modal terlebih dahulu untuk membeli barang tersebut dan kemudian menyetoknya.

Sementara itu untuk Dropshipper itu sendiri kita tidak perlu modal untuk bisa menyetok barang.

Dropship ini sendiri juga bisa langsung menjual produk hanya dengan gambar dan spesifikasi produk saja, sehingga lebih mudah untuk dijalankan.

Sebelum menuju ke pembahasan tentang cara Dropship di Tokopedia. Jika Anda belum paham apa itu Dropship dan apa perbedaan Dropship dengan Reseller, silakan tulis komentar Anda paling bawah ya.

Nah setelah membahas tentang apa itu Dropship dan apa perbedaan Dropship dengan Reseller. Langsung saja menuju cara Dropship di Tokopedia untuk pemula.

Cara Dropship Tokopedia Mudah Untuk Pemula

Nah di bawah ini adalah cara bagaimana Dropship di Tokopedia dengan mudah untuk pemula.

1) Unduh Aplikasinya

Nah yang pertama yaitu mengunduh aplikasi Tokopedia di Handphone Anda dan melakukan pendaftaran segera untuk membuat akun, karena tanpa membuat akun Tokopedia, kita tidak bisa memesan produk menggunakan sistem yang telah ada di Tokopedia.

2) Setelah Resmi Pendaftaran

Nah yang kedua. Setelah Anda resmi mendaftar di situs Marketplace Tokopedia, pemasok cari yang akan memesan Anda di tempat (Dropship) melalui Tokopedia. Caranya mencari produk yang ingin Anda pasarkan, lalu hubungi penjual. Apakah bisa kita kerjasama Dropship atau tidak.

3) Jika Sudah Menemukan Penjual

Nah yang ketiga. Jika Anda sudah menemukan beberapa penjual yang bisa ikut serta dalam pemasaran produk melalui Dropship di Tokopedia. Selanjutnya coba tes kecepatan penjual / pedagang di Tokopedia tersebut dengan mananyakan stok produk, warn, Dll.

Apakah mereka Fast Respone  atau Slow Respone,  pastika Anda hanya memiliki penjual yang Cepat Respone saja, karena terkait sistem Dropship yang paling besar adalah mengenai menyangkut stok yang dipesan oleh pelanggan kami, sehingga Anda harus memiliki penjual yang Cepat Pelanggan telah tersedia dan siap memesan.

4) Tentukan Dimana Memasarkan Produk Tersebut

Nah yang keempat. Tentukan di mana Anda akan memasarkan produk tersebut, saran dari kamu agar uang segera cair, dan pembeli transfer langsung ke rekening Anda (sudah sama sama percaya), setuju pasaran produk yang akan dijual di media sosial seperti akun Facebook, Instagram, Twitter, atau Grub FB , FB Marketplace dan Grub WgatsAPP atau pesan pribadi ke rekan atau saudara atau sodara kita.

5) Terima Pembeli

Nah yang keempat. Setelah kita mendapatkan pembeli, stok tersedia di penjual dan pembeli telah Memperbaiki transfer sesuai dengan jumlah pesanan melalui sistem di Tokopedia agar pemesanan dapat langsung dilakukan oleh penjual / penjual Tokopedia tersebut.

6) Pemesanan Di Tokopedia

Nah yang keenam. Agar pemesanan di Tokopedia meminta nama kami sebagai pengiriman, pada proses pemesanan Jangan lupa untuk mencentang pesanan sebagai Dropship dan data masukan pembeli saat alamat dan No Hp selengkap-lengkapnya agar memudahkan kurir dalam proses pengiriman ke rumah pembeli.

7) Bayar Segera

Nah yang ketuju. Bayar segera dihari yang sama agar pesanan kita segera dikirim oleh penjual, selain itu, proses pembayaran segera juga agar kita bisa langsung mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual Tokopedia dengan harga jual yang ditawarkan saat pemasaran, produk melalui media sosial.

8) Tunggu Dan Pantau

Nah yang ke delapan. Tunggu dan pantau terus pesanan yang bisa kita lakukan di Tokopedia ini, sesekali mohon tanya penjual jika dalam 24 jam penjual Tokopedia belum menginput No resi pengeriman, agar bisa memastikan produk sampai ketangan pembeli dengan lebih cepat.

Nah, sedikit Tip cara Dropship di Tokopedia dengan cara mudah dan cepat untuk menndapatkan keuntungan berjualan online tanpa memiliki stok, tanpa modal dan cukup menghasilkan jika dilakukan dengan serius.

EH tunggu ada banyak hal lagi yang akan saya bahas di bawah ini. Seperti:

  1. Panduan Dan Cara Dropship Di Tokopedia
  2. Registrasi Akun Tokopedia
  3. Cara Membuka Di Tokopedia
  4. Cara menambahkan Akun Di Tokopedia
  5. Manfaat Layanan TopAds Produk
  6. Berjualan Dengan Fitur Premium

Simak di bawah ini:

Panduan Dan Cara Dropship Di Tokopedia

Nah jika Anda sudah menemukan produk dan Pemasok yang tepat, Anda bisa melangsungkan praktik berjualan.

Nah, berikut ini ada beberapa panduan dan cara Dropship di Tokopedia yang mungkin bisa Anda lakukan:

Registrasi Akun Tokopedia

Nah untuk melakukan cara Dropship di Tokopedia, pertama-tama Anda wajib membuat akun terlebih dahulu.

Silakan klik tombol registrasi dan masukan nomer telepon Anda. Jika ingin lebih simpel, Anda dapat mendaftar dengan akun Facebook atau Google.

Jika sudah, lanjutkan proses pendaftaran dengan mamasukan nama lengkapa, nomer Hp, jenis kelamin, tanggal lahir, email alamt, pasword dan klik tombol bergabung. Langkah terakhir, periksa email Anda dan lakukan verifikasi dengan klik tombol aktivitas.

Cara Membuka Toko Di Tokopedia

Nah jenis proses pendaftaran telah berhasil dilakukan, unduh Anda membuka toko online di Tokopedia.

Pertama, buat domain nama toko online Anda lalu isi informasi toko seperti nama toko, slogan dan deskripsi. Dilanjutkan selanjutnya, Anda dapat mengisi metode pengiriman yang diinginkan, pilihan pembayaran dan memilih buku toko untuk mengaktifkannya.

Cara membahas Produk Di Tokopedia

Nah selanjutnya adalah cara menambahkan produk. Untuk memulai, silakan klik tombol menambah produk dan isi deskripsi dari produk yang Anda jual seperti nama produk, kategori, minuman pemesanan, harga, berat produk per satu buah, gambar, dukungan asuransi, persyaratan dan kebijakan pembelian barang. Lalu, Mohon klik simpan dan iklan Anda dapat dilihat oleh semua pengguna Tokopedia.

Sebaiknya, unggah foto produk dengan tampulan yang menarik, Anda bisa meminta foto resmi dari suplier atau buat foto sendiri dengan sudut yang sedap di pandan mata.

Selain itu, diberikan judul yang ramah SEO, di mana pengguna kata kunci dapat Anda peroleh dari Google Keyword Planner.

Untuk produk bernilai tinggi seperti ponsel cerdas, aktifkan layanan asuransi Anda, dan kebijakan pembayaran prioritas dapat diskusikan dengan pemasok, misalnya pesanan atau produk yang hilang saat pengiriman.

Manfaatkan Layanan TopAds Produk

Nah jika produk yang Anda tawarkan memiliki tingkat persaingan yang tinggi, Anda dapat memanfaatkan layanan TopAds produk dari Tokopedia.

Nah layanan ini memungkinkan produk Anda berada di jajaran atas sehingg memudahkan konsumen untuk menonton.

Layanan ini di bagi menjadi dua yaitu Iklan Grub untuk mengiklankan hingga 300 produk dalam 1 grub dan menambahkan kata kunci pencarian ke dalam grub, serta Iklan Grub jika Anda ingin mengiklankan 1 produk khusus.

Berjualan Dengan Fitur Premium

Nah selain TopAds, Anda pun bisa menggunakan fitur premium selain Tokopedia seperti Golden Marchant.

Malalui fitur ini, toko online Anda akan terlihat lebih profesional dan dapat digunakan banyak alat sehingga lebih mudah dalam mengoptimalkan penjualan. 

Jika tertarik dengan fitur premium ini, Anda akan dikenakan biaya langganan sebesar Rp 150.000 per bulannya.

Nah untuk menjalankan cara Dropship untuk pemula di Tokopedia, Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas.

<PENUTUPAN>

Yah mungkin hanya itu tentang cara Dropship di Tokopedia untuk pemula. Tidak mungkin dari kalian yang ingin bertanya atau berkomentar, tulis di kolom bawah ini. Semoga bermanfaat bagi Anda.

TERIMA KASIH

One Reply to “Cara Dropship Tokopedia Untuk Pemula”

Komen Lurr