Bahan Pembuatan Tali

2 min read

bahan pembuatan tali

Bahan Pembuatan Tali Rafia  Tali merupakan sebuah alat yang serba guna yang banyak digunakan manusia untuk membantu mempermudah pekerjaannya.

Pada awalnya proses pembuatan tali ini sendiri hanyalah menggunakan alat sederhana dan bahkan proses pembuatan dari tali ini hanyalah dengan menggunakan tangan manusia.

Tetapi seiring dengan perkembangan jaman sekarang ini, mesin-mesin canggih pembuat tali sudah mulai diciptakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia dalam membuat tali. Tetapi pernahkah anda bertanya-tanya mengenai bahan pembuatan tali itu sendiri?

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Tali

bahan pembuatan tali (1)
sholehuddin.com

Jenis tali yang pertama dikelompokkan berdasarkan material pembuatnya. Tentu kita semua sepakat, bahwa tali dibuat pasti dengan sebuah material ( bahan dasar ) yang digunakan untuk membentuk beberapa helai menjadi sebuah kesatuan yang disebut tali.

Dan material bahan pembuat dari tali tersebut diantaranya :

  1. Tali dari material Hewan dan Tumbuhan
  2. Tali dari material Serat buatan ( serat sintetis )
  3. Tali dari material Baja

Penjelasan dari ketiga jenis tali di atasnya akan kami jelaskan dibawah ini :

1. Bahan Tali Dari Tumbuhan

tali dari rotan
indosurvival.com

Jenis tali yang kedua yaitu jenis tali dari material tumbuhan. Tali ini terbuat dari serat-serat tumbuhan alami yang dapat anda temukan diseluruh belahan dunia.

Contoh sebagian dari jenis tali yang terbuat dari serat-serat tumbuhan ini diantaranya : Tali dari serat ganja, tali manila, tali rami, tali katun, tali sabut kelapa, dll.

2. Bahan Tali Dari Hewan

domba
lescazia.blog.com

Jenis tali yang pertama yaitu jenis tali dari material hewan baik itu dari bulu-bulu hewan yang digabungkan menjadi sebuah tali, maupun dari apa yang dihasilkan hewan tersebut.

Tali jenis ini biasa digunakan untuk hiasan dan juga pembuatan baju karena jenis tali ini tidak memiliki kekuatan tarik maupun kekuatan angkat sama sekali.

Contoh dari jenis tali yang terbuat dari bulu hewan dan produksinya yaitu : Tali Benang Wol, Tali Bulu Ayam, Tali Sutera, dll.

3. Bahan Tali Dari Serat Sintetis

tali-tambang-kapal
ngaktau.com

Jenis tali yang kedua adalah jenis tali dari material serat sintetis atau dapat disebut juga dengan serat buatan manusia yang bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi.

Tali jenis ini memiliki kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan jenis tali dari hewan dan tumbuhan.

4. Bahan Tali Dari Material Baja

macam-macam-tali
sindunesia.com

Jenis tali yang terakhir adalah jenis tali yang berasal dari material baja. Jenis tali ini adalah jenis tali yang paling kuat dan kokoh karena memang sifat dari baja itu sendiri adalah kuat dan keras.

Jenis tali ini sering disebut oleh masyarakat banyak dengan sebutan wire rope.

Awal Proses Pembuatan Tali

Pada awalnya, manusia menggunakan akar-akaran dan serat tanaman sebagai tali. Kemudian manusia mengembangkan pembuatan tali tersebut dengan menggunakan beberapa utas serat atau akar-akaran yang dipintal menjadi bentuk yang lebih besar.

Teknologi pembuatan tali ini diperkirakan sudah dikenal manusia sejak sekitar 28.000 tahun yang lampau. Hal ini dibuktikan dengan penemuan bentuk tali yang tercetak pada lempung terbakar yang ditemukan dibenua Eropa.

Sedangkan tali tertua ditemukan di salah satu gua di Lascaux, Perancis berupa fosil tali berdiameter sekitar 7 milimeter. Fosil tali tersebut diperkirakan berasal dari peradaban manusia yang hidup sekitar 15.000 tahun sebelum masehi.

Bangsa yang pertama kali menemukan alat khusus untuk membuat tali kemungkinan adalah bangsa mesir kuno untuk membangun piramida.

Pada masa itu kemungkinan batu-batu besar ditarik oleh ribuan pekerja dengan menggunakan tali-temali.

proses pembuatan tali
sholehuddin.com

Proses Pembuatan Tali Dari Arah Kepangan

Tali dapat dibuat dari bahan berserat panjang dan berserabut, namun umumnya tali terbuat dari serat alami ataupun serat sintetis dengan ukuran tertentu, agar sesuai dengan standard penggunaan tali saat ini.

Sampai saat ini metode pembuatan tali masih menggunakan cara yang sama yaitu dengan dua jenis kepangan. Jenis arah kepangan tersebut diantaranya adalah :

  • Pintalan ke kanan dan dimaksud bahwa untaian dari tali berputar ke arah kanan bilamana dilihat dari arah belakang tali ke depan.
    Juga dinamakan putaran Z (Z-twist).
  • Pintalan ke kiri dan dimaksud bahwa untaian dari tali berputar ke arah kiri bila dilihat dari arah belakang tali ke depan jadi berlawanan dengan arah jarum jam.
    Juga dinamakan putaran S (S-twist).

Seperti Gambar Dibawah Ini:

cara membuat tali
sholehuddin.com

 

Nah jika Anda berminat untuk membeli tali rafia, bisa kunjungi artikel di bawah ini. Terimakasih.

Terimakasih Telah Berkunjung Ke Website Sholehuddin.com

 

Komen Lurr