15+Teknik Dasar Bermain Catur Yang Harus Anda Ketahui

8 min read

Teknik Dasar Bermain Catur & Sejarah-Catur merupakan permainan yang sangat  menyenangkan dan adiktif yang membutuhkan keahlian dan strategi.

Permainan ini telah ada  selama berabad-abad sebagai permainan kaum intelektual dan berpendidikan karena memang memerlukan kecerdasan yang tinggi.

Namun bukan berarti anak kecil tidak bisa mengalahkan orang dewasa. Teruskan untuk belajar dan memainkan permainan kuno ini, yang sudah dianggap salah satu permainan papan yang terbaik.

Sejarah dan teknik dasar dalam permainan catur merupakan info penting yang perlu anda ketahui yang memiliki ketertarikan pada permainan yang satu ini.

Catur cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Namun catur lebih identik dimainkan oleh laki-laki saja dan umumnya di usia yang tua atau bapak-bapak.

Tidak dapat dipungkiri permainan catur memang membutuhkan strategi yang baik dan terarah dengan tujuan.

Nah sebelum kita menuju ke teknik dasar bermain catur, kita juga harus mengetahui bagaimana sejarah catur. Simak dibawah ini sejarah catur.

Sejarah Perkembangan Permainan Catur DI Dunia

Sangat sering asal mula dari sesuatu hal yang ingin diketahui agar dapat lebih mengerti mengenai hal tersebut.

Permainan catur juga ingin dikenal dengan cara mengetahui terlebih dahulu sejarah dan teknik dasar dalam permainan catur di perkembangannya.

Sayangnya sejarah dan awal mula catur muncul tidak pernah ada yang berani untuk memastikan.

Ada orang yang bilang catur itu berasal dari negara India, kira-kira sebelum abad ke-7 bermula dari satu permainan yang disebut chaturanga.

Ditenggarani bahwa chaturaga juga merupakan awal mula dari permainan strategi lainnya seperti  xiangqijanggi, dan shogi.

Permainan catur di zaman sekarang ini disebut-sebut berasal dari Eropa dan bukan dari India.

Jika berdasarkan sejarahnya, permainan catur di Eropa baru dikenal sekitar abad ke-15 artinya.

Permainan sejenis catur di India telah lebih dahulu melakukannya. Ditengarai juga permainan catur di Eropa tersebut merupakan salah satu hasil dari pedagang Eropa yang mampir di India untuk melakukan jual beli.

Permaian catur dalam bahasa Inggris dikenal sebagai chess. Lalu apakah yang menyebabkan permainan catur dikenal dengan nama catur dalam bahasa Indonesia?

Ternyata kata catur berasal dari bahasa Sansekerat yang mempunyai arti “empat “. Jadi sebenarnya dalam bahasa Sansekerta terdapat kata Sansekerta yaitu Caturrangga yang artinya “empat sudut”.

Oleh sebab itu permainan catur dahulu kala di India menggunakan empat peserta di empat sudut yang berada.

Maka permainan ini disebut sebagai permainan catur. Dengan perkembangannya, permainan catur saat ini hanya ditandingkan antara dua orang.

Nah mungkin hanya itu mengenai sejarah catur di perkembangannya  dikenal di dunia. Setelah ada mengetahui hal ini.

Jika anda masih penasaran mengenai permainan, anda bisa melanjutkan membaca di bawah ini teknik dasar permainan catur.

Teknik Dasar Papan Permainan Catur

Permainan catur sangat memerlukan papan yang dimana permainan catur ini dilakukan. Info ini adalah salah satu info penting dalam sejarah dan teknik dasar dalam permainan catur.

Tidak adanya papan permainan, maka bukan permainan catur yang sedang dilakukan. Papan permainan ini terdiri dari 64 petak.

Artinya terdapat 8 baris petak dan 8 kolom petak. Masing-masing petak tersebut pastinya memiliki dua warna yang berbeda.

Warna hitam dan putih tentunya identitas dari permainan catur ini. Setiap petak pasti memiliki warna yang berbeda hitam putih.

Pada awal permainan setiap petak pada permainan akan diisi oleh satu buah catur. Hanya diisi satu buah catur perpetak dan mempunyai posisi yang saling berhadapan.

Seperti sebuah pertandingan pada umumnya. Setelah mengetahui info papan catur ini, anda juga perlu mengetahui cara menyusun buah catur.

Teknik Dasar Menyusun Catur

Papan permainan catur yang telah anda buka sebelumnya harus diposisikan dengan petak putih di ujung kanan.

Sebelum memulai untuk menyusun buah catur. Jika sudah tepat posisinya, maka anda bisa menyusun satu-persatu buah catur dari pion.

Posisikanlah seluruh pion untuk memenuhi barisan kedua dari sisi anda. Pion diposisikan seperti benteng pertama permainan.

Jika seluruh pion sudah ditetapkan, anda bisa langsung untuk memulainya menyusun buah catur di barisan pertama dari sisi anda.

Lalu memulailah menyusun dari petak terluar. Dua petak terluar merupakan posisi dimana kedua benteng diletakkan.

Setelah benteng diletakan. Posisikan kuda di masing-masing sisi benteng. Setelah itu gajah ikut untuk memperkuat pertahanan di masing-masing sisi kuda.

Pada akhirnya menteri akan mengisi warna yang sama dengan papan. Jadi jika memegang anak catur hitam, maka menteri anda harus berdiri di petak hitam. Sisinya untuk sang raja.

Teknik Dasar Membuka Permainan

Info didalam sejarah dan teknik dasar dalam permainan catur selanjutnya ialah mengenai bagaimana membuka permainan catur.

Ada berbagai macam cara yang digunakan untuk membuka permainan catur. Berbagai macam gerak membuka permainan ini berbeda-beda sesuai dengan teori yang digunakan.

Karena sangat banyak jumlahnya, kumpulan pembukaan permainan catur ini hingga dikatologkan dalam sebuah buku yang mempunyai nama Encyclopedia of Chess Openings.

Namun satu hal yang pasti dan tidak mungkin dilewatkan dalam pembukaan permainan catur yaitu buah catur putih lah yang akan pertama kali untuk bergerak.

Gerakan pembukaan catur berbeda dengan bahwa buah catur putih harus bergerak terlebih dahulu.

Teknik dasar pembukaan permainan ini contohnya lebih kepada teknik apa yang telah digunakan oleh pemain untuk memimpin mulai dari awal pertandingan.

Beberapa nama teknik dasar membuka permainan ialah teknik burung, teknik gajah raja, dan masih banyak lagi.

Teknik Dasar Menentukan Langkah Pertama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, langkah pertama dalam suatu permainan catur pasti dilakukan oleh buah catur putih.

Lalu siapakah yang menentukan permainan mana yang mendapatkan buah catur putih dan mana yang mendapatkan yang hitam?

Biasanya penentuan warna buah catur ini dilakukan dengan pengambilan undi untuk menentukan siapakah yang akan memegang buah catur putih dan siapa yang hitam.

Jika sudah ditentukan, maka permainan yang memegang buah catur dapat melangkah buah pertamanya.

Setelah itu dapat dilakukan langkahan pertama oleh buah catur putih. Setiap pemain hanya boleh untuk melakukan satu langkah diikuti oleh pemain lawan bergantian. Setiap langkah hanya satu buah catur yang boleh di pindahkan.

Teknik Dasar Langkah Buah Catur

Tahukah anda bahwa keenam buah catur ternyata memiliki teknik melangkah yang berbeda-beda?

Jika anda tidak mengetahui hal ini, maka pastinya anda belum pernah bermain catur sebelumnya.

Baik pion, kuda, gajah, benteng, menteri, dan raja memiliki langkah yang berbeda yang harus manfaatkan variasinya untuk memenangkan pertandingan.

Oleh sebab itu, perlu kita ketahui bagai mana cara melangkah setiap buah catur. Nah berikut di bawah ini info bagaimana cara melangkah kan keenam buah catur tersebut.

Cara Pion Melangkah

Cara melangkah pion adalah dengan melangkah ke depan, tetap pion dapat memakan lawan dengan melangkah ke samping secara diagonal buka ke arah depan.

Hal ini sangat penting untuk anda ketahui dalam rangka memanfaatkan kemampuannya mengalahkan lawan-lawan.

Pada langkah yang pertama, pion satu petak per satu petak melangkah ke depan. Perlu juga untuk diketahui pion juga dapat memakan lawan dengan melangkah diagonal depan saja, bukan diagonal mundur.

Selama ada buah catur di depannya pion tidak akan bisa melangkah maju bahkan memakannya.

Oleh sebab itu target permainan ini ialah bagaimana membuat pion sampai ke ujung papan permainan lawan.

Cara Benteng Melangkah

Cara melangkahkan benteng dilakukan dengan jarak sesuka hati anda. Anda dapat mengerakannya ke berbagai  arah (depan, belakang, samping). kecuali diagonal.

Berapa besar petak yang dilewatinya dalam satu gerakan bebas. Itulah sebabnya benteng dinamakan sebagai benteng karena fungsi utamanya adalah untuk pertahanan.

Benteng ada dua jumlah dan diharapkan dapat berkerja sama dengan baik untuk memberikan perlindungan yang maksimal dalam permainan catur.

Cara Kuda Melangkah

Cara melangkah kuda adalah salah satu cara yang paling keren pada permainan catur. Kuda saat bergerak sejauh dua petak ke salah satu arah ditambah dengan satu petak lagi yang posisinya 90 derajat dari gerakan awalnya.

Akhirnya gerak kuda pun akan membentuk huruf L. Satu lagi kelebihan dari gerak kuda adalah kemungkinan untuk dapat melangkahi buah catur yang lain dan ada di petak melangkahnya.

Sehingga kuda dapat menerobos masuk pada pertahanan lawan dengan sangat mudah. Terdapat dua kuda pada masing-masing peserta yang bertanding.

Cara Gajah Melangkah

Saat gajah melangkah juga sangat menguntungkan bagi pemain catur untuk menjadi alasan mempertahankannya.

Agar jangan pernah menyiayiakan keberadaan gajah karena gajah dapat bergerak leluasa secara diagonal.

Artinya gerakan gajah hanya memungkinkan berada pada satu warna seterusnya. Mengetahui info ini.

Anda akan lebih mudah untuk melakukan deteksi kecurangan jika ada gajah yang tidak berada pada petaknya yang sesuai.

Sama seperti benteng dan kuda, terdapat dua gajah dalam satu paket buah catur.

Cara Menteri Melangkah

Cara menteri melangkah diketahui sebagai buah catur yang paling kuat yang ada. Menteri dapat bergerak dengan leluasa. ke segala arah tang terkecuali, dan sejauh berapapun petaknya.

Hanya ada satu hal yang harus anda perhatikan, menteri tidak dapat melewati buah catur timnya saat sedang bergerak.

Oleh sebab itulah, keberadaan menteri hingga akhir pertandingan sangatlah di butuhkan.

Menteri dapat mematikan gerak raja dan membuat anda menjadi pemenang jika bertahan hingga akhir pertandingan.

Cara Raja Melangkah

Cara raja melangkah merupakan salah satu buah catur yang paling lemah di antar yang lain.

Raja hanya dapat bergerak ke segala arah sebanyak satu petak jauhnya. Jika raja berada di petak yang terancam oleh buah catur lawan.

Maka raja berada pada posisi sekak. Maka selama raja dapat melakukan perpindahan maka posisi akan terus bertahan di sekak.

Untuk itu di butuhkan posisi sekak mat, artinya kemana pun pergi raja, posisi sudah terdesak dan harus tetap termakan oleh lawan.

Teknik Dasar Mengganti Pion Catur

Anda juga perlu mengetahiu info dalam sejarah dan teknik dasar dalam permainan catur yaitu mengganti pion.

Pion ternyata dapat digantikan (digantikan oleh buah catur lainnya yang lebih kuat) dengan memenuhi satu syarat.

Syeratnya adalah pion harus dapat mencapai posisi ujung papan lawan. Jika sudah sudah sampai di ujung, maka pion dapat anda gantikan dengan buah catur apapun yang anda inginkan.

Contohnya jika anda ingin menggantikan dengan benteng, kuda dan gajah bahkan menteri juga bisa anda gantikan.

Teknik Dasar Melewati Pion Catur

Selanjutnya, perlu juga anda ketahui teknik melewati atau en passant pada permainan catur.

Teknik ini sangatlah penting untuk anda lakukan saat di awal permainan. Jika pion lawan anda bergerak dua petak sebagai langkah awalnya.

Maka anda dapat menunggu kesempatan hingga pada langkah selanjutnya pion tersebut akan berada pada diagonal pion anda.

Kemudian anda dapat memakan pion lawan tersebut dan mendapatkan satu kemenangan lebih awal dari lawan anda.

Teknik Dasar Rokade Catur

Rokade merupakan satu sejarah dan teknik dasar dalam permainan catur yang cukup unik.

Tapi sangat disayangkan, tidak banyak diketahui oleh banyak pemain yang belum berpengalaman.

Teknik dasar ini dilakukan antara dua buah catur, yaitu benteng dan raja. Rokade ini melakukan dua tindakan sekaligus dalam satu perpindahan.

Artinya anda bisa sekaligus melindungi raja pun juga memasukkan benteng sebagai pusat permainan.

Akan tetapi ada syarat yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan teknik rokade ini. Syarat tersebut antara lain adalah rokade langkah pertama harus raja, langkah pertama benteng.

Tidak ada buah catur diantar raja dan benteng, dan raja tidak diperbolehkan untuk ada di dalam petak sekak.

Teknik Dasar Sekakmat Dalam Permainan Catur

Sekakmat merupakan salah satu tujuan utama yang dilakukan oleh pemain catur. Sekakmat merupakan posisi ketika raja tidak bisa keluar dari posisi sekak, kemanapun raja melangkah.

Teknik dasar sekakmat biasanya dilakukan dengan mengepung raja dengan menggunakan buah-buah catur dari berbagai sisi.

Sayangnya tidak mudah untuk dapat melakukan sekakmat jika tidak ada buah catur yang mencukupi.

Oleh karena itu pemain yang memiliki buah paling banyak, bahkan dapat mengatikan pion biasanya memiliki kesempatan menang yang lebih besar.

Teknik Dasar Membuat Remis Catur

Remis adalah keadaan permainan selesai tanpa kemenangan atau yang juga dikenal sebagai nama seri.

Tidak terlalu mudah juga untuk mencapai keadaan ini, sama tidak mudahnya juga untuk mencapai posisi sekakmat.

Nah ada beberapa alasan yang menyebabkan permainan diakhiri dengan remis seperti di bawah ini:

  1. Mencapai jalan buntu
  2. pemain keduanya setuju untuk remis
  3. Tidak mungkin posisi sekakmat dicapai karena buah catur kurang
  4. Ada tiga kali posisi yang sama
  5. Lima puluh langkah telah dimainkan dan tidak ada perubahan

Teknik Dasar Melindungi Raja Catur

Yang pasti anda harus lakukan dalam satu permainan catur adalah memastika raja selalu terlindungi.

Cara ini hanya dapat dilakukan dengan memastikan ada sejumlah buah catur yang cukup dan raja tidak berada pada posisi membahayakan yang rawan dengan sekak dari lawan.

Yang paling aman untuk raja adalah di sudut papan permainan. jika ada kesempatan rokade, maka lakukan lah teknik rokade segera.

Teknik Dasar Menjaga Buah Catur

Anda juga harus memastikan juga untuk tidak menganggap remeh buah catur. Walaupun benteng ada dua, kuda ada dua, dan gajah ada dua.

Tidak berarti anda bisa membiarkannya begitu saja dimakan lawan. Sebisa mungkin pastikan setiap buah catur anda berada di posisi yang aman.

Selalu jaga buah catur untuk mencapai posisi kemenangan anda.

Teknik Dasar Menguasai Pusat Papan

Anda harus memastikan para buah catur anda menguasai pusat papan permainan.

Jika pusat papan sudah dikuasai oleh para buah catu anda, maka pergerakan buah catur memukul kalah lawan pun dapat mudah untuk dikendalikan.

Oleh karena itu mulailah dengan strategi yang tepat dalam menepatkan buah catur anda untuk mengalahkan lawan anda.

Teknik Dasar Menggunakan Semua Buah Catur

Jangan anda menyia-nyiakan fungsi beberapa buah catur. Pastikan untuk menggunakannya di saat membutuhkan.

Itulah sebabnya mengapa bermain dengan buah catur sangat dibutuhkan oleh seseorang.

Jika hanya dengan dua atau tiga buah catur yang anda gerakan untuk mengatur perlawanan, maka sulit tentunya mencapai posisi kemenangan anda.

Teknik Dasar Mengakhiri Permainan Catur

Dalam mengakhiri suatu permainan, maka salah satu pemain harus menskakmat pemain lawan untuk mendapatkan kemenangan.

Jika tidak ada kemenangan yang anda capai, maka anda hanya dapat mengakhiri permainan sebagai posisi resmi (seri).

Oleh karena itu mengakhiri permainan dalam permainan catur cukup sulit di capai. Mengingat untuk mengambil untuk mengambil keputusan remis pun harus ada syarat-syarat yang harus di penuhi terlebih dahulu.

<PENUTUPAN>

Ya mungkin hanya itu informasi mengenai tentang sejarah catur dan teknik dasar catur. Jika anda ingin bertanya atau berkomentar anda bisa tulis di kolom bawah ini.

Semoga bermanfaat bagi anda

TERIMA KASIH 

Komen Lurr